Jalur Pincuran Sati Pasar Benai Dilayur, Pemuda AS dan Kanada Turut Berikan Sumbangan

Jalur Pincuran Sati Pasar Benai Dilayur, Pemuda AS dan Kanada Turut Berikan Sumbangan
Camat Benai, Masnur Judin ( baju biru ) saat melayur jalu Pincuran Sati milik Kelurahan Pasar Benai.

BENAI  - Camat Benai, Drs Masnur Judin MM beserta Upika setempat, akhir pekan lalu melayur jalur Pincuran Sati, yang merupakan jalur milik masyarakat Kelurahan Pasar Benai, Kecamatan Benai.

Sebelum jalur dilayur, panitia melakukan penggalangan dana untuk membantu pembuatan jalur Pincuran Sati ini. Penggalangan dana dilakukan pemuka Masyarakat Benai, Drs Yulisman.

Dari penggalangan, terkumpul dana sebanyak Rp21 juta, yang diperoleh dari sumbangan masyarakat, baik masyarakat Benai yang ada di kampung halaman maupun yang di perantauan. Selain itu, empat orang warga negara asing (WNA) yang berdomisili di Kecamatan Benai, masing-masing dari Amerika Serikat dan Kanada juga turut memberikan bantuan.

Pelayuran jalur Pincuran Sati ini merupakan salah satu sejarah bagi warga setempat. Sebab sepanjang sejarah pacu jalur di Kuansing, Kelurahan Pasar Benai baru memiliki satu jalur. Karena itu jalur yang dilayur ini merupakan jalur generasi kedua. Berbekal dengan semangat di masyarakat, akhirnya Kelurahan Benai kembali bisa membuat jalur baru tersebut.

Camat Benai, Drs Masnur Judin MM yang hadir saat itu mengatakan, agar masyarakat Kelurahan Benai menjaga dan merawat jalur baru ini. Karena menurutnya ke depan, kayu untuk pembuatan jalur semakin sulit didapatkan. "Jaga dan rawatlah jalur baru ini," katanya.

Dengan memiliki jalur, masnur mengajak supaya masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga kekompakkan. Karena menurutnya, sebuah jalur bisa berprestasi apabila masyarakatnya kompak dan bersatu serta atlit pacunya tidak pantang menyerah.

"Mari kita jaga kekompakkan di tengah masyarakat, dan jangan gara-gara jalur ini kita bercerai berai dan tidak saling sapa. Terus berusaha supaya jalur ini bisa mengukir prestasi dis etiap even," ujarnya mengajak.

Ketua Jalur Pincuran Sati, Mawardis menambahkan, pembuatan jalur ini tidak terlepas dari partisipasi seluruh masyarakat Kelurahan Benai. Dan semangat yang ada saat ini, diharapkannya tidak akan memudar dan luntur. "Alahmdulillah, atas dukungan kita semua, akhirnya jalur ini bisa juga kita layur," katanya.( isa  )

Berita Lainnya

Index