Kuota Penerimaan CPNS 2014 akan Semakin Berkurang

Kuota Penerimaan CPNS 2014 akan Semakin Berkurang
Ujian penerimaan CPNS di Pemkab Kuansing tahun 2013 lalu. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd menyatakan, kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) di Indonesia termasuk untuk Kuansing bakal semakin berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.
Hal tersebut dikatakan Sekda Muharman  saat dikonfirmasi terkait hal ini, Senin ( 3/3/2014 )  diruang kerjanya. " Dari hasil pemaparan pemerintah pusat pada rapat bersama seluruh jajaran lembaga pemerintah baik dipusat dan daerah bersama Kementrian PAN-RTB pekan lalu memang demikian ( terjadi pengurangan),"ujarnya.
Hal ini merupakan salah satu dampak kebijakan perpanjangan usia pensiun PNS dari usia 56 tahun menjadi 58 tahun. " Ini salah satu amanat dari UU Nomor 4 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, karena ada perpanjangan usia pensiun PNS dari umur 56 tahun menjadi 58 tahun tentu saja penerimaan CPNS akan berkurang,"ujarnya.
Artinya jelas mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kuansing itu, jika sebelumnya jumlah penerimaan CPNS 300 ribu seluruh Indonesia, tahun ini bisa separuhnya. Begitu juga di Kuansing kemungkinan kuotanya separuh dari kuota tahun 2013 yang lalu.
Pasalnya cukup jelas ujar Sekda, penerimaan CPNS untuk mengisi formasi PNS yang pensiun dalam dua tahun kedepan tentu kurang efektif. Karena PNS yang seharusnya pensiun masih bertugas dan tidak terlalu membutuhkan formasi baru.

Namun demikian Pemkab Kuansing ujarnya, tentu saja berjuang untuk meningkatkan kuotan penerimaan CPNS jika diberi kuota pada tahun 2014 ini. Sebab sejumlah formasi masih kekurangan terutama dibidang kesehatan dan teknis . ( isa )

Berita Lainnya

Index