Agar Tak Terlambat, Proyek-Proyek Besar Diminta Segera Dilelang

Agar Tak Terlambat, Proyek-Proyek Besar Diminta Segera Dilelang
Hotel salah satu dari tiga pilar pembangunan yang akan dibangun tahun 2014 di Teluk Kuantan. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd meminta seluruh satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ) yang memiliki proyak-proyek bernilai besar untuk dapat segera melaksanakan proses lelang. Apalagi tahun nggaran 2014 sudah memasuki bulan ketiga atau bulan Maret.

Hal tersebut dikatakan Sekda Muharman saat ditanya wartawan usai rapat bersama Unit Layanan Pengadaan ( ULP Barang dan Jasa dilingkungan Pemkab Kuansing bersama ta Pokja pengadan barang dan jasa yang ada di masing-masing SKPD, baik dinas, badan dan satuan serta RSUD, Senin ( 3/3/2014 ) kemaren.
" Memang Kita minta terutama proyek-proyek pengadan yang bernilai besar untuk segera dimulai. Kalau tidak dimulai kapan lagi, untuk pematangan lahan saja bisa memakan waktu 1 bulan,"ujar Sekda Muharman.
Belum lagi dengan proses pelelangan sendiri yang juga memakan waktu. Menurutnya jika dalam kondisi normal bisa saja cepat prosesnya, namun kalau ada sanggahan dan gugatan akan menambah waktu.
Sedangkan proyek-proyek tersebut makin cepat terlaksana akan semakin baik. Oleh sebab itu pihaknya mengadakan rapat bersama pengelola ULP dan Pokja yang ada di SKPD untuk membahas hal ini.
" Kita bahas dan evaluasi serta mencari masukan agar-agar kegiatan-kegiatan yang nilainya besar segera dapat dilakukan pelelangan untuk menentukan rekanan yang mengerjakannya. Nanti hasil rapat akan dihimpun oleh ULP dan Pokja untuk melakukan langkah lanjutan terutama mempercepat proses pengadaan,"ujarnya.
Ditanya hambatan yang ada saat ini ujarnya, diluar tiga pilar masih masing-masing Pokja di SKPD masih memposes dokumen seperti gambar dan rencana anggaran biaya. " Kalau untuk tiga pilar perencanaannya sudah tuntas,"ujarnya.
Disamping itu pertemuan tersebut ujarnya, juga dalam rangka meningkatkan koordinasi antara pengelola ULP dan Pokja yan ada dimaisng-masing SKPD. Ini penting karena Pokja yang akan bekerja keras dalam proses pelelangan.
" Makin baik koordinasi antara ULP dan Pokja tentu semakin baik dalam pelaksanaan pelelangan proyek,"ujarnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index