Diskopindag Tak Lagi Anggarkan Dana Pinjaman Untuk UKM

Diskopindag Tak Lagi Anggarkan Dana Pinjaman Untuk UKM
Produksi pupuk kompos yang dihasilkan pelaku UKM di Kuansing. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan ( Kopindag ) Kuansing tidak lagi menganggarkan dana pinjaman bagi pelaku usaha kecil dan menengah ( UKM . Namun demikian, mereka tetap  mengagendakan kegiatan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia pelaku UKM yang ada di Kuansing.
Hal tersebut dikatakan Kadis Kopindag Kuansing, Tarmis, S.Pd, MM melalui Sekretaris Dinas Kopindag Kuansing, Jomaris, S.Pd saat ditanya wartawan, Kamis ( 27/2/2014 ) di Teluk Kuantan.
" Untuk pinjaman bagi pelaku UKM yang sempat dilakukan, sekarang tidak dialokasikan lagi,"ujarnya.
Salah satu alasan ujarnya karena tingkat kesadaran pelaku UKM dalam mengembalikan pinjaman masih rendah. Padahal jika pengembalian lancar dapat diteruskan kepada pelaku UKM lain yang belum mendapatkannya.
Namun demikian ujarnya, pihak Diskopindag tetap komit meningkatkan kualitas pelaku UKM  melalui program pelatihan yang dilakukan. Untuk tahun ini akan ada pelatihan bagi para penjahit se-Kuansing dan pelatihan pembuatan kue juga bagi para pelaku UKM.
Melalui pemberian pelatihan dirasakan cukup efektif dalam membantu pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya. Sebab dengan mengikuti pelatihan, manajemen mereka lebih baik termasuk skill yang bertambah dari para narasumber yang dihadirkan dinas Kopindag.
Kegiatan pelatihan seperti ini ujarnya, akan terus dilaksanakan ditahun-tahun mendatang. Sebab manfaatnya cukup banyak dirasakan warga masyarakat terutama pelaku UKM di Kuansing. Apalagi jika dana semakin memadai, maka kegiatan pelatihan bagi UKM akan diperluas sasarannya.
" Pokoknya Kita komit dengan peningkatan dan penumbuhan pelaku UKM di Kuansing,"pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index