Salah satu kawasan hutan di kawasan Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi. ( ktc )

Diawasi Polhut Tiap Hari, Hutan Kuansing Aman dari Kebakaran

Jumat,28 Februari 2014 - 09:20:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN - Sejak kasus kebakaran hutan kembali mencuat di Riau yang menimbulkan kabut asap, membuat Dinas Kehutanan Kuansing meningkatkan patroli. Dari hasil pemantauan, hutan di Kuansing aman dari kebakaran.

"Selama pengawasan yang dilakukan Polhut dari Dinas kehutanan hampir setiap harinya, Alhamdulillah kawasan hutan didaerah Kita tidak ada yang terbakar,"ujar  Kadis Kehutanan Kuansing, Dr Agus Mandar, M.Si kepada waratwan  diruang kerjanya, Kamis (27/2/2014).

Menurut pria yang juga pembantu Rektor Rektor I UNIKS Kuansing ini, patroli oleh anggota Polhut Kuansing ini dilakukan terhadap kawasan hutan mulai dari Hutan Produksi Terbatas dan hutan lindung yang ada di Kuansing.

"Hampir setiap hari personil POlhut kita terjunkan kelapangan, untuk memantau kawasan hutan mulai dari hutan lindung dan HPT,"kata Agusmandar.

Kalau pun ada titik hotspot yang ditemukan di Kuansing, menurut Agusmandar, berkemungkinan itu hanya lahan kebun milik masyarakat, kalau kawasan hutan selama ini masih aman tidak ada yang terbakar. "Patroli ini terus kita lakukan, selain melakukan pengawasan kalau ada lahan yang terbakar tentu kita akan mendapatkan laporan, tapi sejauh ini masih aman,"ujarnya.

"Ada 9 personil Polhut yang kita terjunkan setiap hari untuk memantau kawasan hutan kita di Kuansing, dari laporan selama ini, alhamdulillah kawasan hutan kita aman tidak ada yang terbakar,"katanya lagi.

Untuk menjaga kawasan hutan ini, dirinya berharap peran serta masyarakat untuk ikut menjaga kawasan hutan terutama HPT dan hutan lindung yang ada di Kuansing. Ini bisa dilakukan dengan melarang aktivitas membakar lahan di batas kawasan hutan yang ada di Kuansing, juga melaporkan kalau ada oknum-oknum yang membakar lahan dan merusak kelestarian hutan di Kuansing.

Karena memang peran penting masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan di Kuansing ini sangat kita perlukan, supaya kawasan hutan terjaga dengan baik dan tidak dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Sekali lagi, pihaknya menghimbau agar semua pihak dapat menjaga kawasan hutan yang ada di Kuansing.

"Kita akui personil Polhut kita saat ini sangat kurang, jadi peran penting masyarakat juga kita harapkan untuk menjaga kawasan hutan yang ada di Kuansing,"katanya.( isa)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT