Salah satu atraksi penari persembahan di Kuansing dalam sebuah acara. ( ktc )

Gelar Pelatihan Tari dan Musik Daerah, Budparpora Berharap Lahir Tari Persembahan Baru

Jumat,27 Februari 2014 - 06:00:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak


TELUK KUANTAN  - Pemkab Kuansing melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kuansing mengelar kegiatan Pelatihan Tari dan Musik Daerah yang ada di seluruh kecamatan di Kuansing. Pelatihan dimulai Rabu ( 26/2/2014 ) hingga Kamis (26/2/2014).

Pelatihan dengan tema "Kreatifitas Seniman Pelestrarian Khasanah Seni Budaya” dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Budparpora Kuansing, Maifadal Muin SSos MM di Gedung Narosa Teluk Kuantan, Rabu.

Dalam sambutannya, Maifadal Muin menyampaikan, melalui pelatihan tari dan musik daerah Kabupaten Kuantan Singingi ini diharapkan nantinya peserta bisa menghasilkan karya tari dan musik persembahan terbaru di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Sebanyak 15 kecamatan mengikuti pelatihan tersebut. Diharapkan, dengan pelatihan ini, Kuansing memiliki tari persembahan terbaru sehingga memiliki variasi dan bentuk tari yang mempunyai ciri khas kecamatan masing-masing. Seperti dari kecamatan Pangean, menampilkan ide, bahwa setiap kelahiran anak diekspresikan dengan tari dan bahasa. "Bahasanya, “Cucuang den la lahiar”. Lalu, diiringi dengan ekspressi mengepak-ngepakan tangannya," ujar Maifadal mencontohkan.

Sementara itu, salah seorang peserta dan pecinta seni, Ronaldo Rozalino SSN menambahkan, bahwa ide proses kreatifitas tari dan musik bisa di dapat dimana saja. "Seniman kreatif yang bisa menjadi ide ini menjadi karya seni tari dan musik yang indah dan enak ditonton masyarakat nantinya," harapnya juga.

"Semoga dengan kegiatan ini berlangsung menambah wawasan seniman, guru seni di sekolah dalam mencari ide dan berkarya seni tari dan musik dalam upaya menggali potensi tari yang ada di setiap kecamatan," ujarnya berharap.

Pelatihan tersebut mendatangkan instruktur profesional yang berpengalaman dalam dan luar negeri, seperti Epi Martison SSn yang juga sebagai putra daerah Kabupaten Kuantan Singingi dibantu oleh Oktiber Windra, Mis Bagong dan instruktur hebat lainnya.( isa )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT