Dishut Kerjasama dengan Berbagai Fihak Antisipasi Karhutla

Dishut Kerjasama dengan Berbagai Fihak Antisipasi Karhutla
Salah satu kebakaran lahan di Riau. ( mt.com)

TELUK KUANTAN - Dinas Kehutanan ( Dishut ) Kuansing juga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) bersama dengan instansi lain terutama personil dan perlatan jika terjadi kebakaran.
Hal tersebut dikatakan Kadis Kehutanan Kuansing, Dr Agus Mandar, M.Si saat ditanya wartawan antisipasi Karhutla di Kantor Bupati Kuansing, Selasa (18/2/2014).
" Kita selalu standbykan personil dan peralatan jika terjadi Karhutla,"ujar Agus Mandar.  Sejumlah peralatan yang disiagakan selain personil juga slang pemadaman kebakaran. Untuk personil diantaranya Polhut dan kerjasama dengan perusahaan yang memiliki personil pemadam kebakaran dan personil dari instansi vertikal lain nya.                 
Untuk peralatan pemadam Karhutla ujarnya, selain mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Kuansing juga mendata peralatan mobil sejenis yang dimiliki perusahaan lain. Seperti slang PT RAPP Sektor Cerenti memiliki slang sepanjang 1500 meter lebih. " Itu (die) satu sektor saja, sementara PT RAPP memiliki 3 sektor di Kuansing,"ujarnya.         Begitu juga dengan perusahaan lain nya, mereka ujar Agus Mandar tentu juga memiliki peralatan pemadam kebakaran yang dapat disinergikan jika terjadi Karhutla yang memerlukan pemadaman secara besar.                Intinya ujar Agus Mandar, pihaknya dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla sudah melakukan langkah antisipasi dengan mendata kekuatan personil dan peralatan agar jika terjadi Karhutla dapat digerakkan.     Setelah mendata, upaya selanjutnya dengan koordinasi Badan Lingkungan Hidup melakukan pemantapan koordinasi antar elemen yang terlibat dalam antisipasi Karhutla.                           
Sementara itu walaupun titik api di Kuansing nihil pada hari Senin ( 17/2/2014 ) namun kabut asap tetap menyelimuti Kuansing. Bahkan lebih pekat dari biasanya. Sehingga pada siang hari, kabut asap terlihat dengan jelas. ( isa)

Berita Lainnya

Index