Kabut asap tipis yang melanda Kuansing. ( ktc )

Agar Tidak Meluas, Pemkab Kuansing Gelar Rakor Penanggulangan Asap

Senin,17 Februari 2014 - 11:57:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN - Walaupun jumlah titik api di Kuansing cukup minim, namun Pemkab Kuansing tetap melakukan upaya pencegahan secara dini agar kabut asap tidak meluas di Kuansing. Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar rapat koordinasi ( Rakor ).
" Kita berencana Senin malam menggelar Rakor bersama instansi terkait membahas penanggulangan bahaya dan meluasnya kabut asap,"ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup ( BLH ) Kuansing, Indra Suandy, ST, MT yang ditanya wartawan, Senin ( 17/2/2014 ) di kantor Bupati Kuansing.
Menurut Indra Suandy, Rakor akan digelar di Kantor BLH Kuansing." Rencananya Senin malam Kita laksanakan,"ujarnya.
Dalam  Rakor ini ujarnya, pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan penanggulangan asap akan dihadirkan. Mulai dari jajaran terkait di Pemkab Kuansing, Polres Kuansing, TNI dan pihak lainnya.
" Ini kan tim lintas sektoral, tim yang akan membahas upaya mencegah meluasnya asap di Kuansing, walaupun Alhamdulillah saat ini kabut asap tidak terjadi di Kuansing,"uajrnya.
Dalam Rakor tersebut akan dibahas upaya-upaya menanggulangi meluasnya kabut asap di Kuansing. Dengan melakukan Rakor, upaya penanggulangan kabut asap akan dapat dilakukan sedini mungkin.
Ditambahkan Indra Suandy, hasil pemantauan satelti NOAA pada hari Minggu ( 16/2/2014 ) di Kuansing nihil titik api atau hot spot.  Sementara untuk wilayah Sumatera cukup banyak yakni 9 titik dan di Riau hanya 1 titik.
"  Alhamdulillah hari Minggu tidak terpantau titik api, mudah-mudahan seterusnya tidak ada,"ujarnya.
Diulanginya jika ditemukan titik api, maka akan dilakukan pemantauan ke lapangan. Namun bila titik api yang terpantau tersebut berlangsung selama dua hari berturut-turur.

" Kalau dua hari ya Kita pantau ke lapangan, kalau tidak Kita berdayakan masyarakat peduli api ( MPA ) yang ada di kecamatan,"ujarnya. ( isa )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT