2014, Dialokasikan Rp250 M Lebih untuk Kuantan Tengah

2014, Dialokasikan Rp250 M Lebih untuk Kuantan Tengah
Bupati Kuansing H Sukarmis didampingi Ketua DPRD Muslim, Sekda Muharman membuka Musrenbang Kecamatan

 

 TELUK KUANTAN  - Tahun 2014 ini, Pemkab Kuansing mengalokasikan anggaran cukup besar untuk kecamatan Kuantan Tengah. Setidaknya Rp250 miliar dana APBD 2014 dialokasikan bagi pembangunan di wilayah kecamatan ini.

Hal ini dibeberkan Bupati Kuansing H Sukarmis saat menyampaikan sambutan pada acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kuantan Tengah di Teluk Kuantan, Kamis (13/2/2014).

Dari Rp 250 M tersebut, mayoritas anggaran digunakan untuk membangun dan memperindah Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi, Teluk Kuantan. Tahun ini, katanya, di Teluk Kuantan akan dibangun sejumlah bangunan spektakuler, seperti Universitas Islam Kuantan Singingi ( UNIKS ) , pasar modern dan hotel serta pelebaran jalan.

Untuk UNIKS, , dialokasikan anggaran sekitar Rp52 miliar. Untuk pasar modern, dialokasikan anggaran sekitar Rp48 miliar dan pembangunan hotel dialokasikan anggaran sekitar Rp48 miliar. Sedangkan untuk pembangunan dan pelebaran jalan menjadi dua jalur di tengah kota dianggarkan sekitar Rp30 miliar.

"Kalau sekarang kota Teluk Kuantan sudah bagus, sudah ada mesjid agung, sport center, tugu carano dan sman pintar. Tahun ini, kota akan kembali kita perindah dengan membangun universitas, pasar modern dan hotel serta juga pelebaran jalan," ujar Sukarmis.

Selain di tengah kota, desa-desa yang ada di luar juga mendapatkan alokasi pembangunan sekitar Rp75 miliar. Oleh karenanya, Bupati Sukarmis mengajak masyarakat untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan tersebut. "Kita akan bangun Kuantan Singingi," ujarnya.

Selanjutnya, pasar modern. selama ini, diakuinya, Teluk Kuantan belum memiliki pasar yang representatif, karena pasar yang ada saat ini tidak layak menjadi tempat jual beli. "Dulu kita punya pasar, sekarang sudah kita jadikan taman. Tahun ini pasar kembali kita bangun," katanya.

Begitupula mengenai hotel. Menurutnya, tidak ada hotel di Teluk Kuantan yang representatif. Hotel yang ada saat ini merupakan hotel penginapan atau wisma yang tidak cukup lagi menampung pelanggan. "Kita ingin Teluk Kuantan menjadi tempat singgah, makanya kita akan sediakan hotel," ujarnya.

Seterusnya pembangunan jalan dari Simpang carano menuju simpang STM Teluk Kuantan. Jalan yang panjangnya mencapai 3 kilometer ini, kata Bupati, akan dibangun menjadi dua jalur. "Pembangunan yang kita laksanakan ini adalah untuk membangun kota supaya lebih indah dan bagus," katanya.( isa)

Berita Lainnya

Index