Bupati Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuantan Tengah

Bupati Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuantan Tengah
Bupati H Sukarmis memukul Gong tanda dimulainya Musrenbang tingkat Kecamatan Kuantan Tengah, Kamis (

TALUK KUANTAN- Bupati Kuantan Singingi, H. Sukarmis, Kamis (13/2/2014) pagi membuka secara resmi Musawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kuantan Tengah yang dipusatkan di halaman kantor Camat Kuantan Tengah.

Selain Bupati, tampak hadir Ketua DPRD, Muslim, S.Sos, Sekretaris daerah Drs Muharman, M.Pd serta sejumlah pejabat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Camat Kuantan Tengah, Masran Abdulah dalam laporannya mengatakan bahwa sebagai Kecamatan yang berada di ibukota Kabupaten, Kecamatan Kuantan Tengah mengusulkan pembangunan untuk tahun 2015 sebanyak 195 paket kegiatan sesuai aspirasi yang disampaikan masyarakat tiga kenegrian yakni Kenegrian Taluk Kuantan, Kopah dan Kari, yang terdiri dari 14 desa dan tiga kelurahan. Hal tersebut sesuai hasil Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) desa dan kelurahan yang telah selesai dilaksanakan pada tanggal 20-30 Januari Tahun 2014.

"Untuk menampung dan mengakomodir usulan dan aspirasi masyarakat desa/kelurahan. kami telah membentuk 6 tim yang bekerja membantu pemerintah desa/kelurahan dalam pelaksanaan musrenbang desa/kelurahan dimulai 20-30 Januari 2014,"kata sebut Masran.

Dilanjutkan Camat, adapun usulan atau aspirasi yang telah direkap diantaranya pembangunan fisik dan prasarana 42 paket, yang disebar pada 4 dinas, kemudian pembangunan dibidang ekonomi 82 paket yang disebar pada 8 dinas, pembangunan dibidang sosial budaya 65 paket disebar pada 4 dinas dan badan, dan terakhir pembangunan pada Litbang ada 6 paket disebar pada 1 dinas dan 2 bagian.

"Inilah usulan dan aspirasi yang kami himpun pada Musrenbang tahun 2014,"kata Masran. Pada kesempatan tersebut Camat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan jajarannya, dengan telah mengalokasikan berbagai program kegiatan dan bantuan melalui Dinas CKTR, dimana pada acara tersebut BUpati secara simbolis meresmikan kantor kades dan penyerahan rumah layak huni kepada masyarakat, juga meresmikan puskesmas rawat jalan di kenegrian Kopah.

Sedangkan untuk anggaran tahun 2014, program kegiatan paket proyek yang diperuntukan dan berlokasi di Kecamatan Kuantan Tengah ada 24 paket kegiatan, dengan total anggaran sebesar Rp163 milyar.

Pada kesempatan tersebut, mantan Camat Kuantan Hilir ini juga menyampaikan, terkait program kegiatan yang pendanaannya dibiayai APBD Kabupaten, Provinsi juga ada dari dana APBN. Ada beberapa usulan desa yang telah dibahas dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) pada program nasional. Terutama pada program pemberdayaan masyarakat menadiri pedesaan (PNPM-MPd) yanbg telah dilaksanakan awal Februari 2014. Dari 18 desa yang mengajukan yang dapat terdanai dari PNPM-MPd ada 6 desa (Program SPP dan fisik) dengan total anggaran Rp1,6 Milyar lebih.

Sementara itu Bupati Sukarmis dalam sambutannya mengatakan, setiap desa tentu ingin menikmati pembangunan dari pemerintah, akan tetapi kalau semua dibangun tentunya APBD tidak akan mencukupi. Oleh karena itu, pemerintah dalam membangun melihat mana yang menjadi skala prioritas.

Apalagi kata Sukarmis, kegiatan Musrenbang ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, terutama untuk menampung aspirasi tentang pembangunan infrastruktur yang belum terakomodir.  "Kita tidak akan berhenti membangun Kabupaten kita ini, namun mana yang lebih prioritas itu yang akan kita bangun untuk masyarakat,'ujarnya.(Ultra Sandi)

Berita Lainnya

Index