Jika Diberi Kuota, Pemkab Kuansing Usulkan Penerimaan CPNS 2014

Jika Diberi  Kuota,  Pemkab Kuansing Usulkan Penerimaan CPNS 2014
Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Tahun ini sesuai pemberitaan yang telah beredar, Kementrian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPAN-RB ) bakal menerima lebih kurang 100 ribu orang CPNS.

Terkait hal ini, Pemkab Kuansing belum dapat memastikan akan menerima atau tidak lowongan CPNS tahun 2014 ini. Hal tersebut ditegaskan Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd yang dikonfirmasi, Selasa ( 11/2/2014 ).

" Kita belum dapat memastikan apakah menerima atau tidak, kalau nanti MenPAN memberi kuota kepada Pemka Kuansing baru akan Kita tindaklanjuti,"ujarnya.

Sebab mekanismenya demikian. Karena sebelum daerah menerima CPNS, MenPAN memberitahu tentang kuota penerimaan CPNS kepada suatu daerah. Pemberian kuota tentu setelah mereka melakukan kajian dan analisasis mendalam kebutuhan pegawai disuatu daerah setelah mempelajari jumlah pegawai dan kebutuhan kerja.

" Kalau MenPAN sudah memberi tahu kuota Kuansing barulah Kita dapat mengusulkan ke pusat, misalnya Kita dijatah 100 orang, nanti Kita usulkan formasi yang akan diterima, lalu MenPAN kemudian memberi persetujuan  barulah bisa dilakukan penerimaan,"ujarnya.

Untuk kekurangan PNS sendiri ujarnya, Pemkab Kuansing masih mengalami hingga saat ini, terutama untuk pegawai-pegaiwai teknis mulai dari teknik, akuntansi, tenaga kesehatan dan tenaga kependidikan ilmu eksakta.

Untuk tenaga kesehatan misalnya, Kuansing masih kekurangan tenaga Fisiotherapis, Anestesi, Nutrisionis, bahkan untuk formasi Anestesi pada penerimaan CPNS tahun 2013 batal, karena tidak ada peminat. " Sementara untuk perawat dan bidan sudah cukup memadai, masih banyak kekurangan, terutama tenaga teknis dan kesehatan termasuk dokter,"ujarnya.

Karena itu selain menunggu kuota dari pemerintah pusat, Pemkab sendiri ujarnya  akan melakukan lobi kepada MenPAN untuk menambah kuota penerimaan CPNS termasuk jika diberikan kuota tahun 2014 ini. ( isa )

Berita Lainnya

Index