Dishut Terus Kembangkan Tanaman Kehutanan

Kamis,05 Februari 2014 - 04:59:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...



TELUK KUANTAN - Dinas Kehutanan ( Dishut ) Kuansing akan terus mengembangkan tanaman kehutanan ketengah-tengah masyarakat, karena manfaat tanaman kehutanan sangat banyak dan dirasakan langsung oleh masyarakat nantinya.
Hal tersebut dikatakan oleh Kadishut Kuansing, Dr Agus Mandar, M.Si kepada wartawan, Senin ( 3/2/2014 ) diruang kerjanya. Karena kedepan trend tanaman kehutanan memiliki prospek yang demikian sangat cerah. Apalagi tanaman kehutanan dapat dilaksanakan melalui pola tumpang sari.
" Disela-disela-sela pohon karet, tanaman kehutanan dapat ditanam seperti Gaharu, Mahoni, Sukun dan tanaman lainnya,"ujar Agus Mandar.
Untuk Gaharu misalnya, walaupun hasil panen baru dapat dinikmati 10 hingga 15 tahun sejak ditanam, namun prospeknya dalam meningkatkan pendapatan warga sangat besar.
Salah satu contoh di desa eks trans, salah seorang petani Sardi saat ini sudah menikmati hasil tanaman gaharunya. Ia memiliki pendapatan hingga milyaran rupiah dari hasil tanaman gaharu yang ditanamnya sejak puluhan tahun yang silam.
Karena itu tanaman gaharu ujarnya salah satu tanaman unggulan yang dipromosikan Dishut Kuansing kepada masyarakat. Dishut melakukan pembibitan tanaman gaharu untuk disalurkan kepada masyarakat, agar nantinya masyarakat menikmati hasil dari tanaman gaharu.
Begitu juga dengan tanaman Sukun ujarnya, hasilnya juga dapat dirasakan masyarakat secara langsung. Karena dari buah sukun dapat dibuah berbagai penganan untuk usaha kecil dan menengah dalam rangka menambah pendapatan petani.
Kedepan melalui kegiatan pengkayaan tanaman kehutanan, Dishut Kuansing akan terus melakukan kegiatan mencari tanaman baru kehutanan yang prospek ditanam masyarakat terutama yang sesuai dengan iklim Kuansing. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT