Arena pacu jalur Tepian Rajo di Pangean. ( ktc )

Dishut Bakal Hijaukan 9 Arena Pacu Jalur.

Rabu,04 Februari 2014 - 06:23:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Dinas Kehutanan ( Dishut ) Kuansing bakal menghijaukan setidaknya sembilan arena pacu jalur. Kesembilan arena pacu jalur itu mulai dari Kecamatan Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar. Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai. Pangean, Kuantan Hilir dan Inuman serta Cerenti.                                   
" Penghijauan arena pacu jalur merupakan salah satu program penghijauan yang akan dilaksanakan Dishut Kuansing tahun 2014 ini, tahun lalu fokus penghijauan di  kawasan venue dayung Danau Kobun Nopi Bukit Pedusunan Kuantan Mudik,"ujar Kadis Kehutanan Kuansing, Dr Agus Mandar, M.Si, Senin  ( 4/2/2014 ) diruang kerjanya.                       
Menurut Agus Mandar, penghijauan yang akan dilakukan untuk menciptakan keasrian di lokasi pacu jalur. Karena sebagian besar arena pacu jalur cukup panas, melalui penanaman ini hendaknya kedepan membuat penonton menjadi sangat nyaman saat menyaksikan jalur-jalur unggulan mereka yang sedang berpacu.                                           
Disamping itu kegiatan ini lanjutnya, juga dalam rangka mencegah abrasi atau longsor yang dialami oleh sejunlah arena pacu jalur akibat hantaman air dan juga dayang dukung tanah yang labil. Melalui kegiatan penanaman nantinya abrasi tebing arena pacu jalur dapat ditekan semaksimal mungkin.                                          
Karena itu terangnya, untuk pohon peneduh bagi penonton akan ditanam jenis Ketapang. Karena Ketapang dapat dibentuk sejak kecil sehingga bisa menaungi penonton dari terik matahari jika sudah besar.
" Selain itu tentu saja menambah keelokan arena pacu jalur karena adanya pohon-pohon,"ujarnya.                                
Sementara untuk menahan abrasi tebing pacu jalur bebernya, akan ditanam bambu dan rotan serta tanaman yang kuat menahan abrasi. Penanaman bambu dan rotan akan dilaksanakan dii tebing-tebing. Sementara Ketapang di kawasan datar dan tidak terancam abrasi.                Upaya Dishut menanam pohon pada kawasan pacu jalur ujarnya tentu membutuhkan dukungan warga terutama dalam masa perawatan. " Selain dari Dishut, Kita harapkan dukungan kecamatan, aparatur desa dan masyarakat menjaga pohon-pohoin yang akan ditanam nantinya,"pungkas Agus Mandar. ( isa)

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT