Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Sering Hilang, DPKP Minta Warga Jaga Tong Sampah

Kamis,23 Januari 2014 | 06:18:00   Dibaca: 1635 kali
Sering Hilang, DPKP Minta Warga Jaga Tong Sampah
Ket Foto : ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan ( PKP ) Kuansing prihatin, pasalnya tong sampah banyak hilang karena berbagai alasan. Padahal tong sampah merupakan salah satu bentuk layanan pemerintah terhadap masyarakat dalam hal kebersihab.                

 Hal tersebut dikatakan Kadis PKP Kuansing, Jafrinaldi, AP, Rabu ( 22/1 /2014) saat ditanya wartawan. " Banyak yang hilang, apalagi yang terbuat dari plastik, karena ringan mudah dicuri,"ujarnya.             

Untuk itu kedepan dirinya mengharapkan warga menjaga agar tong sampah di rumah mereka dijaga agar tidak diambil oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.                         
Sebab jika tong sampah hilang selain merugikan pemilik rumah katanya juga menyulitkan petugas kebersihan mengambil sampah.

" Kalau tong sudah tidak ada, ya bagaimana warga membuang sampah ke depan rumah dan akibatnya petugas kebersihan juga sulit mengambil sampah, kalau ada tong sampah kan tinggal dibuang ke dalam truk penganbgkut sampah, dan memudahkan pekerjaan petugas, "ujarnya.                                

Apalagi sambungnya, di Teluk Kuantan khususnya, warga lebih senang membuang sampah ke tong sampah dibandingkan membuang sampah ke tempat pembuangan sampah.                       
Selain itu tambahnya, berkurangnya tong sampah akibat hilang juga berpengaruh pada pengutipan restribusi kepada masyarakat.

" Bagaimana mau mengutip kalau tong sampah tidak ada, karena untuk mengutip restribusi untuk PAD, pemerintah daerah harus menyediakan jasa pelayanan seperti tong sampah itu.
Untuk itu Jafrinadi berharap warga masyarakat turut serta menjaga agar tong sampah tidak diusik oleh oknum-oknum tap bertanggungjawab.   Mengantisipasi kehilangan ini ujar Jafrinaldi selain meningkatkan pemantauan juga merancang pembuatan tong sampah agar tidak mudah dicuri . misalnya dengan tong sampah yang berat.( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.