Berantas PETI, Pemkab Kuansing Gelar Sosialisasi di 15 Kecamatan

Berantas  PETI,  Pemkab Kuansing Gelar Sosialisasi di 15 Kecamatan
Aktiftas PETI yang sempat ditertibkan Polisi di Kuansing. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Dalam rangka memberantas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), yang tengah marak terjadi. Untuk tahap awal Pemkab Kuansing melalui Tim Terpadu akan melakukan sosialisasi pada 15 kecamatan Se Kuansing.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas ESDM,Hendra,AP,MSi kepada wartawan Jumat ( 17/1/2014 ) di Teluk Kuantan. Dikatakan Hendra, pihaknya telah lebih dulu melakukan rapat koordinasi bersama isntansi terkait di Teluk Kuantan termasuk seluruh Camat Se Kuansing.Dari hasil rapat itu di simpulkan, untuk tahap awal akan dilakukan Sosialisasi kepada masyarakat,khususnya mereka yang menekuni pekerjaan sebagai Penambang Emas Tanpa Izin (PETI).

Pada Senin (20/1/2013) akan dilakukan Sosilisasi secara serentak pada 8 kecamatan terdiri dari kecamatan Singingi, Singingi Hilir, Kuantan Tengah dan Gunung Toar. Dihari yang sama, Tim juga akan melakukan Sosialisasi pada kecamatan Gunung Toar, Kuantan Mudik, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau. Tim kata Hendra, telah pula menyepakati akan di pimpin oleh seluruh Kepala Dinas / Badan terutama sesuai dengan asal daerah  dan kompetensinya.

Selanjutnya pada Selasa (21/1/2013) Sosialisasi akan dilanjutkan pada kecamatan Sentajo Raya, Benai, Pangean, Logas Tanah Darat dan Kuantan Hilir. Dihari yang sama dengan Tim berbeda juga dilakukan kegiatan secara serentak di kecamatan Kuantan Hilir SEberang, Inuman, dan Cerenti.

" Jadi ditargetkan dalam waktu singkat sosialisasi terlaksana dengan sasaran mulai dari dari Camat, KEpala DEsa/Lurah, Tokoh Masyarakat DEsa, Ketua BPD serta Tokoh Pemuda. Tak terkecuali para "Cukong" yang selama ini di duga  mendanai kegiatan PETI," kata Hendra.

Setelah Sosialisasi ini dilakukan, hasilnya akan kita laporkan ke pihak terkait termasuk aparat Hukum seperti POlres dan Polda Riau. Baru nantinya akan dilakukan tindakan lebih lanjut,jika PETI masih marak, tutupnya.

Hendra juga menghimbau agar rekan2 wartawan turut mensosialisasikan gerakan Pemkab Kuansing ini,dan turut memberikan solusi agar PETI dapat dihentikan dengan penyelesaiakan kompreshenship dan menyeluruh, tutupnya.( isa )

Berita Lainnya

Index