Dirjen Pemum Kemendagri Hadiri Rakor Polisi Pamong Praja Pemkab Kuansing

Dirjen Pemum Kemendagri Hadiri Rakor Polisi Pamong Praja Pemkab Kuansing
Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri, Dr Saut Situmorang menerima cendera mata dari Sekda Muharman. (


TELUK KUANTAN  - Dirjen Pemerintahan Umum ( Pemum ) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Dr Saut Situmorang menghadiri acara rapat koordinasi peningkatan kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) Kabupaten Kuantan Singingi, yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Abdoerrauf Teluk Kuantan, Kamis (16/1/2013).

Kehadiran Dirjen Pemum Kemendagri RI ini ke Kabupaten Kuantan Singingi disambut Sekda Drs H Muharman MPd, Ketua DPRD Kuansing Muslim SSos MSi, Kepala Satpol PP Kuansing Erdiansyah SSos MSi, dan para pejabat lainnya.

Rapat yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB, diikuti oleh ratusan personil Satpol PP Kuansing. Mereka juga terlihat antusias mengikuti rakor tersebut.

Dalam sambutannya, Saut Situmorang menyampaikan pentingnya peran Satpol PP dalam melaksanakan roda pemerintahan di daerah. Oleh karenanya, Satpol PP diminta untuk merangkul semua elemen dalam melaksanakan tugas, terutama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat da menegakkan peraturan daerah.

Menurutnya, marwah seorang kepala daerah terletak pada Satpol PP, terutama dalam menegakkan perda. Apabila sebuah perda tidak berjalan dengan baik, tentu Satpol PP yang harus menegakkannya. "Satpol PP itu orang dekatnya kepala daerah, karena di tangan mereka lah tegaknya perda," katanya.

Dalam menjalankan tugas tersebut, Satpol PP juga harus memiliki kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pasalnya, kinerja SPP dalam menegakkan sebuah perda menurutnya, berdampak terhadap kinerja pemerintah daerah.

"Satpol PP bertugas menegakkan perda. Ketika Perda tidak berjalan dengan baik, satpol PP merupakan barisan terdepan. Jadi, nggak ada wibawa pemerintah daerah apabila perda tidak tegak," katanya.

Saut Situmorang juga mengingatkan pentingnya melakukan pendekatan dengan semua elemen masyarakat dalam menjalankan tugas sebagai seorang Satpol PP. "Ingat, pendekatan dengan semua elemen masyarakat sangat penting," katanya.( ultra sandi )

Berita Lainnya

Index