Ka'bah di Mekkah

2 JCH Kuansing Batal Berangkat ke Tanah Suci

Jumat,05 Oktober 2012 - 05:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUK KUANTAN –2 orang jemaah calon haji ( JCH ) asal Kuansing batal menunaikan ibadah haji. Dengan demikian dari 214 orang tinggal 212 JCH yang bakal melanjutkan keberangkatan  ke tanah suci Mekkah Al Mukarramah menunaikan ibadah rukun Islam kelima tersebut.

" Dua JCH yang gagal berangkat tersebut berasal dari desa Petai Kecamatan Singingi Hilir, masing-masing Abdul Muis dan Sumiani. Keduanya akan kembali ke kampung halaman dari Pulau Batam.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kuansing, Ds Yulisman yang dikonfirmasi melalui Kasie Urusan Haji, Erzon, Jumat ( 5/10 ) siang mengakui adanya 2 JCH yang batal berangkat tersebut.  2 JCH yang batal berangkat ini merupakan pasangan suami istri,”ujar Erzon.

Mengenai penyebab kegagalan mereka berangkat ujarnya, karena Sumiani istri dari Abdul Muis tersebut diketahui sedang hamil 10 minggu. Hal tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan dokter di Embarkasi Batam.  

Sebenarnya Panitia Pemberangkatan Haji Daerah (PPHD ) Kuansing sudah berusaha untuk melobi tim kesehatan agar Sumiani tetap dapat berangkat, sebab sesuai aturan JCH hamil yang tidak diperkenankan berangkat, umur kandungan berusia 14 minggu, sementara Sumiani baru 10 minggu. Apalagi keduanya telah lama berkeinginan menunaikan ibadah haji ini.

“ Namun tim dokter embarkasi Batam tetap bersikeras tidak mengizinkan, demi keselamatan Sumiani sendiri, dan akhirnya Sumiani batal berangkat,”ujarnya.

Karena Sumiani berangkat bersama suaminya Abdul Muis, Abdul Muis pun kemudian meminta kepada PPHD agar dibatalkan keberangkatannya ke Mekkah agar dapat mendampingi istrinya yang sedang hamil kembali ke kampung halaman.

“ Kita fahami alasan kedua JCH Kita ini, dan mereka berdua akan kembali ikut JCH Kuansing untuk tahun 2013 mendatang,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Rombongan JCH Kuansing,Muhammad Refendi Zukman yang dionfirmasi  menyatakan, saati ini 212 JCH Kuansing yang akan berangkat ke Madinah pukul 10 malam nanti  dalam keadaan sehat. JCH Kuansing kata pria yang juga menjabat sebagai Kabag Kessos Setda ini saat ini sedang menginap di asrama haji Embarkasi Batam. (ktc1 )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT