Logo Tagana. ( ktc )

Dissosnaker Kuansing Siagakan Tagana Hadapi Banjir

Kamis,15 Januari 2014 - 06:02:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUK KUANTAN - Memasuki musim penghujan yang sering kali disertai dengan banjir, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja ( Dissosnaker ) Kuansing menyiagakan taruna siaga bencana ( Tagana ) untuk membantu masyarakat menghadapi situasi pra, saat dan pasca banjir.
" Untuk kemungkinan banjir yang sering terjadi pada saat musim penghujan, Kita menyiagakan Satuan Tagana yang sudah ada di Kuansing,"ujar Kadis Sosnaker Kuansing, H Muharlius, SE, MM belum lama ini di ruang kerjanya didampingi Sekretaris Dissosnaker, Drs Samsius.
Diakuinya, dari jumlah 63 personil Tagana yang dimiliki Kabupaten Kuansing saat ini, tidak seluruhnya dalam kondisi aktif. Namun demikian mereka sangat membantu masyarakat dan pemerintah daerah jika terjadi banjir dan bencana lain.
Sebab mereka telah dilatih dan diberi pendidikan soal penanganan bencana contohnya banjir seperti evakuasi korban, pertolongan kepada  korban dan dampak-dampak banjir lainnya.
" Karena mereka sudah terlatih tentu saja keberadaan mereka menjadi andalan Pemkab disamping unsur lain saat terjadi banjir,"ujarnya.
Terkait adanya keberadaan personil Tagana yang kurang aktif ujarnya, pihak Dissosnaker Kuansing akan melakukan evaluasi kepada mereka yang tidak aktif tersebut. 

Sebab jumlah Satuan Tagana yang ada saat ini belum memadai. " Jika ada yang tidak aktif semakin mengurangi daya dukung Tagana dalam bertugas saat bencana terjadi seperti banjir,"ujarnya. ( isa)

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT