Harga Naik, Agen Elpiji Diawasi

Harga Naik, Agen Elpiji Diawasi
Ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN  - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kuansing akan melakukan pengawasan ketat terhadap sejumlah agen elpiji yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kenaikan harga di luar ketentuan pemerintah.

"Dengan kenaikan elpiji 12 kilogram, tentunya supaya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat, agen-agen yang ada akan kita awasi dengan ketat, sehingga mereka tidak bisa menaikkan elpiji seenaknya," kata Kepala Diskopindag Kuansing, H Tarmis SPd MM saat ditanya wartawan terkait kenaikan elpiji 12 kilogram, Senin (6/1/2013).

Perubahan harga elpiji 12 kilogram di Kuansing terjadi kenaikan sebesar Rp40 ribu. Sebelum naik, kata Tarmis, harga elpiji 12 kilogram di Kuansing berkisar Rp120 ribu. Namun dari harga yang berkembang saat ini, harganya dipasaran sekarang menjadi Rp160 ribu.

"Kalau kenaikannya itu 30 persen, tentu harganya wajar. Namun demikian, kita akan tetap pantau kalau terdapat agen yang menaikkan lebih dari itu," katanya.

Tarmis berharap, kenaikan harga elpiji 12 kilogram yang berlaku secara nasional hendaknya tidak menimbulkan gejolak di tengah masyarakat. Pasalnya, sama dengan kenaikan BBM, situasi dan kondisi sosial kemasyarakatan di daerah ini tetap kondusif.

"Mudah-mudahan tidak ada gejolak yang berarti, sama dengan kenaikan BBM yang terjadi bebarapa bulan lalu. Dan kita minta supaya para agen menaikkan harganya sesuai dengan yang ditetap pemerintah," ujarnya mengingatkan.( isa)

Berita Lainnya

Index