contoh akte kematian. ( ktc )

Urus Akte Kematian di Rohul, Warga Malah Terima Rp. 100 Ribu

Minggu,29 Desember 2013 - 06:27:00 WIB
Share Tweet Google +


PASIRPANGARAIAN- Pengurusan akte kematian di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu masih rendah. Upaya meningkatkan minat masyarakat, instansi ini menjanjikan uang Rp100 ribu bagi setiap pengurusan akte kematian.

"Namun, ini mulai diterapkan tahun 2014 mendatang, setelah APBD Rohul disahkan oleh DPRD. Diperkirakan bisa dimulai Februari tahun depan," kata Kepala Disdukcapil Rohul Yusmar Yusuf, Ahad (29/12/13).

Menurut Yusmar, dana tersebut merupakan bentuk kepedulian terakhir dari Pemkab Rohul terhadap warga yang sudah meninggal dunia. Langkah ini juga diambil karena masih minimnya minat masyarakat mengurus akte kematian terhadap anggota keluarganya.

"Padahal akte kematian ini sangat penting seperti untuk ahli waris, klaim asuransi, dan kedudukan anak nanti," ujarnya.

Mantan Kabag Humas Setdakab Rohul ini menambahkan, pemberian dana Rp100 ribu bagi setiap pengurusan akte kematian juga sebagai langkah penertiban administrasi kependudukan di Rohul. Meski berbagai sosialisasi sudah dilakukan, namun kesadaran masyarakat masih sangat rendah.

Dia mengungkapkan, sepanjang tiga tahun terakhir, Disdukcapil Rohul baru mengeluarkan akte kematian sekitar 240 lembar terdiri pada tahun 2011 hanya 12 orang, 2012 sekitar 24 orang, dan 2013 meningkat menjadi 204 orang.

"Padahal akte kematian ini sangat mempengaruhi administrasi kependudukan seperti untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu dan Pilkada. Ini juga sudah menjadi program nasional sebenarnya," jelas Yusmar.

Dia mengakui, sampai saat ini dinasnya juga belum mengetahui jumlah angka kematian yang pasti di 16 kecamatan, sebab angka pengurusannya masih sangat rendah.

"Angka kematian di 16 kecamatan per minggu atau per bulan kami juga belum mengetahuinya. Sebab itu kami ada rencana untuk mengandeng kepala desa dan Ketua RT serta Ketua RW," tandas Yusmar.( sumber : riauterkini.com )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT