Kuansing Minta Tambah 1 Escavator ke Menteri KP

Kuansing Minta Tambah 1 Escavator ke Menteri KP

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis mengharapkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI berkenan menambah 1 unit escavator. Alat berat ini sangat dibutuhkan petani ikan membangun kolam baru dan melakukan peremajaan kolam lama milik mereka.
" ' Dulu Kita mengusulkan ke Mentri Kelautan dan Perikanan agar dibantu 2 unit escavator, namun hanya dapat direalisasikan 1 unit saja tahun 2011 lalu. Mengingat permintaan dari masyarakat ke Dinas Perikanan dalam pembuatan kolam baru meningkat, Kita harapkan tahun 2013 mendatang Kementrian Kelautan dan Perikanan juga berkenan merealisasikan 1 unit laGi,"ujar Bupati Kuansing H Sukarmis, belum lama ini di acara penebaran benih ikan di Danau Kobun Nopi Kecamatan Kuantan Mudik. Kebetulan saat itu juga hadir perwakilan dari Kementrian Perikanan dan Kelautan RI.
Pasalnya ujar Sukarmis, animo masyarakat untuk memelihara ikan saat ini cukup besar, karena usaha ini juga dapat menghidupi rumah tangga warga. Sangat disayangkannya ujarnya, jika animo ini terhambat akibat kekurangan alat berat escavator.

Menurutnya dengan membangunkolam menggunakan escavaor, maka kolam yang dibuat akan lebih cepat selesainya dibandingkan dengan menggunakan tenaga kerja manusia.
Disamping berharap bantuan escavator dari pusat, Sukarmis juga berharap Pemprov Riau untuk membantu biaya operasional escavator, seperti BBM, sementara itu Pemkab Kuansing membantu dana operasional petugas escavator yang turun ke lapangan membuat kolam-kolam ikan milik masyarakat.
" Jika pusat membantu, provinsi juga membantu, maka sektor perikanan khususnya perikanan darat di Kuansing akan berkembang lebih pesat lagi,"ujarnya. ( ktc1 )

Berita Lainnya

Index