Pemkab Rohil Tolak Umumkan CPNS

Pemkab Rohil Tolak Umumkan CPNS
ilustrasi. ( hrc )


BAGANSIAPIAPI-Pemkab Rokan Hilir dipastikan tidak akan mengumumkan daftar kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2013, hal ini disebabkan takut akan terjadinya kerusuhan di daerah. Namun masyarakat bisa melihat secara langsung di Internet yang diumumkan oleh Pemerintah pusat.

"Kita belum pasti akan mengumumkan daftar kelulusan CPNS 2013, karena ditakutkan akan terjadi kerusuhan di daerah. Biar saja masyarakat mengakses melalui internet yang diumumkan oleh Pemerintah pusat, sampai saat ini kita belum mengetahui berapa persen formasi yang lulus untuk daerah, karena yang mengumumkan itu pemerintah pusat," ujar Asisten IV Sekdakab Rohil, Dahniar. Rabu (25/12/2013).

Menurutnya, pengumuman CPNS saat ini terjadi tarik ulur antara daerah dan pemerintah pusat, secara tidak langsung daerah telah menolak untuk mengumumkannya, biarkan pemerintah pusat yang mengumumkannya sebagaimana yang sudah diumumkan melalui Internet beberapa hari yang lalu.

"Saat ini hampir terjadi tarik ulur terhadap pengumuman CPNS ini, dari pemerintah supaya daerah yang mengumumkannya. Namun dari daerah meminta pemerintah pusat saja. Karena segala pelaksanaan CPNS ini pemerintah pusat yang menyelenggarakannya, jadi pemerintah pusat saja yang mengumumkannya. Kalau di daerah yang akan mengumumkannya ditakutkan akan terjadi kerusuhan, apalagi yang lulus nantinya banyak dari luar. Makanya biar pemerintah pusat saja," tegas Dahniar.

Sementara itu, tinjauan di beberapa lokasi. Tidak ada tanda-tanda kertas yang menempel di tempat yang biasa tempat pengumuman CPNS, seperti di kantor BKD, gedung Serba Guna Rohil, Kantor Pos, dan Kantor camat. Sementara masyarakat banyak belum mengetahui hasil CPNS yang di umumkan, karena rata-rata masyarakat belum banyak tahu cara mengakses Internet.

Seperti halnya, Warga Bagansiapiapi, Arma Kumri, yang mengaku hingga saat ini belum tahu dirinya lulus atau tidak CPNS, karena tidak tahu cara melihat hasil CPNS di Internet, karena tidak diajar atau diberikan cara untuk melihat pengumuman di Internet.

"Saya belum tahu bagaimana cara untuk melihat pengumuman CPNS di Internet, sehingga saya belum tahu lulus atau tidak CPNS ini. Karena melihat di internet sedikit sulit, dan belum tentu apa yang kita cari benar pengumumannya, kalau ada pengumumannya di dinding secara resmi oleh pemerintah maka sangat mudah untuk melihat dan pasti hasilnya," sebut Arma.

Tambahnya, dirinya juga belum yakin hasil pengumumanya di internet saat ini, karena zaman canggih saat ini bisa saja sembarangan dibuat, dengan salah nama atau nomor yang ujung-ujungnya untuk menghubungi salah satu nomor HP dengan meminta uang. "Saya belum percaya yang diumumkan di internet, lebih baik Panitia CPNS Rohil supaya mengumumkan yang lulus ke pengumuman, sepeti biasa yang mengumumkan CPNS beberapa waktu lalu. Supaya masyarakat merasa puas dan percaya, namun lulus tidak lulus kitta terima dengan lapang dada," beber Arma.

Di lain hal, Hendro. Warga Sinoboi, Mengaku lebih baik Pemkab Rohil dalam hal ini BKD dapat mengumumkan secara langsung hasil CPNS di tempat-tempat umum, supaya warga bisa melihat secara langsung dari daerah. Karena waktu ikut atau tes CPNS di lakukan di Rohil, maka hasilnya kalau dapat juga diumumkan di Rohil. Karena semua orang tidak sempat untuk melihat ke Internet.

"Ditambah lagi warga kita ini banyak belum mengetahui terhadap internet, namun kalau diumumkan di tempat pengumuman warga bisa melihat disana tanpa ada kesulitan dan hambatan apapun," ungkap Hendro. ( sumber : halloriau.com )

Berita Lainnya

Index