Armada Damkar Pemkab Kuansing. ( ktc )

Kebakaran Lahan Gambut Kagetkan PNS di Kantor Bupati Kuansing

Kamis,19 Desember 2013 - 04:43:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUK KUANTAN- Disaat para pegawai di lingkungan Pemkab Kuansing sedang sibuk bekerja, terjadi kebakaran lahan gambut yang terletak hanya beberapa meter dari komplek perkantoran Bupati di kawasan Sinambek ludes terbakar.

Api terus membesar sehingga lahan gambur sekitar 3 hektar tersebut luluh lantak dilahap sijago merah. Tak pelak kobaran api menyedot perhatian dari berbagai kalangan yang melintasi jalan tersebut.

“Kebakaran seperti ini sudah kesekian kalinya terjadi, karena lahan gambut mudah terbakar apalagi sekarang musim panas,” kata salah seorang warga Sinambek, Idi kepada riauterkini.com.

Ia mengatakan sifat lahan gambut memang mudah terbakar, namun sulit untuk dipadamkan. Ketika terjadi kebakaran, api di lahan gambut merambat di bawah permukaan. Akibatnya,ketika di satu titik api berhasil dipadamkan, api lainnya akan muncul di titik-titik lainnya tanpa diduga.

Berdasarkan pantauan dilokasi kebakaran, Pemkab Kuansing mengerahkan dua unit pemadam kebakaran. Petugas Damkar awalnya sempat kewalahan karena kondisi medan cukup sulit untuk dilalui, sehingga petugas harus menyemprotkan air agak jauh dari titik pusat api.

Namun setelah petugas berjibaku dengan sekuat tenaga, akhirnya berselang 1 jam kemudian api dapat dipadamkan. "Alhamdulillah api sudah padam, jika kita lambat, berkemungkinan rumah warga yang dekat dengan lokasi kebakaran ludes terbakar," ujar salah seorang petugas yang tidak diketahui namanya.***( sumber : riauterkini.com )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT