Salju selimuti Vietnam. aljazeera.com

Fenomena Baru, Vietnam Diselimuti Salju

Rabu,17 Desember 2013 - 11:18:00 WIB
Share Tweet Google +

LAO CAI  - Untuk pertama kalinya, salju turun di wilayah pegunungan Vietnam utara sejak Ahad, 15 Desember 2013. Salju ini menyebabkan kerusakan serius pada ladang pertanian.

Selain itu, gumpalan es berwarna putih lembut itu mengakibatkan lalu lintas menuju pegunungan di Proivinsi Lao Cai dan Ha Giang macet selama lima jam.

Menurut Departemen Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam, ladang labu siam seluas 100 hektare dan kebun bunga seluas 100 hektare rusak akibat digelontor salju. "Seluruh ladang sayur-sayuran dan tanaman siap panen terkubur oleh salju," jelas departemen tersebut.

Hujan salju huga menyebabkan jalan tol Highway 4D yang menghubungkan Provinsi Lai Chau dan Lao Cai terputus. Lebih dari 50 mobil tak sanggup melanjutkan perjalanan pada Senin siang waktu setempat, 16 Desember 2013.

Otoritas setempat menerangkan, peristiwa yang baru pertama kali terjadi di negeri komunis itu membuat sekitar 5.000 warga berbondong-bondong ke Sa Pa untuk menyaksikan salju sehingga memperparah kemacetan lalu lintas.

Untuk mengatasi kondisi demikian, pejabat provinsi mengerahkan para pekerja dan tim penyelamat guna membersihkan tumpukan salju dan menjamin kelancaran lalu lintas.( al jazeera/tpc )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT