Menlu Baru Austria Berusia 27 Tahun

Menlu Baru Austria Berusia 27 Tahun
Menlu Baru Austria. ( tempo.co )

WINA  - Austria akan melantik menteri luar negeri baru, termuda dalam sejarah mereka, hari ini. Bintang politik Austria, Sebastian Kurz, 27 tahun, dilantik menjadi menteri luar negeri bersama jajaran pemerintahan koalisi Partai Sosial Demokrat-Partai Rakyat, pimpinan Kanselir Werner Faymann, Senin, 16 Desember 2013. 
Penunjukkan Kurz sebagai menlu sebenarnya telah diumumkan sejak Jumat pekan lalu, 12 Desember 2013. Lewat akun Twitter-nya, Menteri Luar Negeri Swedia Carl Bildt menyampaikan ucapan selamat.
“Banyak terima kasih, tetapi saya belum lagi dilantik. Sebuah tantangan besar, dan saya berharap bisa bertemu Anda segera,” kicau Kurz membalas ucapan selamat Bildt.
Kurz merupakan menteri luar negeri termuda dalam sejarah negeri itu. Sebelumnya, Kurz dari Partai Rakyat Austria adalah menteri negara urusan integrasi. Dia dinominasikan menjadi menlu oleh Wakil Kanselir Michael Spindelegger dari Partai Rakyat.
Jabatan menteri luar negeri kali ini diperluas dengan memasukkan isu-isu integrasi selain masalah internasional dan Eropa lainnya.
Kurz lahir di Wina, 27 Agustus 1986. Pada 2009, dia terpilih menjadi Ketua Pemuda Partai Rakyat Austria. Dia menjadi anggota Dewan Kota Wina periode 2010-2011. Pada April 2011, Kurz terpilih menjadi menteri integrasi, yang baru saja dibentuk. Dalam pemilihan umum Austria 2013, dia terpilih sebagai anggota Parlemen.( sumber : tempo.co )

Berita Lainnya

Index