teks fhoto : Para tokoh masyarakat Kuansing yang m

Jelang HUT ke-13

Lakukan Reevaluasi Pendirian Kabupaten Kuansing

Selasa,02 Oktober 2012 - 11:28:00 WIB
Share Tweet Google +

 

TELUK KUANTAN – Tanggal 12 Oktober mendatang, Kabupaten Kuansing genap berusia 13 tahun. Menjelang peringatan HUT Kuansing ini, hendaknya dilakukan reevaluasi pendirian kabupaten yang cukup susah payah dibentuk sebelum dimekarkan dari kabupaten Indragiri Hulu 12 Oktober 1999 melalui Undang-Undang Noor 53 Tahun 1999.

            Hal tersebut disarankan oleh Ir. Mardianto Manan, MT, Selasa ( 2/10 ) kemaren. Menurutnya, hal yang lumrah dilakukan revaluasi atau mengenang kembali pendirian kabupaten, sehingga cita-cita dan semangat perjuangan mendirikan kabupaten tetap terjaga dalam aplikasi dan kebijakan pembangunan disegala bidang. Dengan melakukan reevaluasi maka bisa dilakukan penilaian apakah pembangunan yang telah dilaksanakan selama 13 tahun ini sejalan dengan cita-cita pendirian kabupaten ini.

            “ Reevaluasi dapat dilakukan secara bersama, antara Pemkab, DPRD, elemen masyarakat. Pasalnya kebersamaan sekarang kurang terlihat, berjalan sendiri-sendiri, padahal semua fihak dapat saling memberikan masukan demi daerah yang Kita cintai ini,”ujarnya.

            Alasannya sebut  Mardianto Manan, pendirian kabupaten dimana saja termasuk Kuansing tentu bertujuan mulia yakni mensejahterakan masyarakat dan mempercepat kemajuan suatu daerah. Dengan mengingat begitu panjangnya perjuangan mendirikan kabupaten ujarnya, maka semangat tersebut henndaknya dimiliki dan diaplikasi oleh semua kalangan dalam menggesa pembangunan Kuansing kini dan kedepan.

            Begitu juga ujarnya dengan mengingat kembali perjuangan pendirian kabupaten dimasa  lampau yang penuh kebersamaan dan kebersahajaan hendaknya, menjadi salah satu faktor kunci yang harus selalu dilaksanakan disaat ini dalam membangun daerah agar lebih baik.

            Karena menurutnya, kebersamaan antara elemen masyarakat yang demikian baik, dapat membuahkan sebuah cita-cita yang telah lama diidamkan masyarakat yakni pendirian kabupaten Kuansing yang telah digagas sejaktahun 50 an.

            Dengan demikian ujarnya, jika saat ini seluruh komponen masyarakat Kuansing juga bersatu padu, maka segala tantangan pembangunan yang ada akan dapat dipecahkan demi kemasalahan daerah danjuga masyarakat. Dalam konteks hari jadi Kuansing yang akan jatuh tanggal 12 Oktober mendatang, ujarnya, nilai-nilai kebersamaan tersebut  harus terus dikenang oleh generasi kini dan mendatang. ( ktc1 )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Idul Adha Jatuh di Tanggal 15 Oktober 2013

Minggu,06 Oktober 2013
Sosial & Agama

Ini Alasan Emtoni Mundur Dari Jabatan Kabid Perkebunan

Selasa,20 Juni 2017