Sutinah Saat mewakili Gapoktan Harapan Kita menerima penghargaan dari Wapres. ( ktc )

Berkat Kerupuk Jengkol dan Ubi, Gapoktan Harapan Kita Terima Penghargaan Dari Wapres

Senin,09 Desember 2013 - 04:33:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN)  “HARAPAN KITA” asal Kelurahan Sei.Jering  kecamatan Kuantan Tengah menerima penghargaan dari Wapres Boediono. Gapoktan ini merupakan 1 dari 90 penerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan Sub Kategori Industri dan Perakit Teknologi Pangan ( Adhikarya Pangan Nusantara ).
Penghargaan diserahkan kepada Gapoktan Harapan Kita yang diwakili Sutinah, akhir November lalu di Jakarta.Pengharga “Adhikarya Pangan Nusantara” memiliki nilai dan prestige tinggi dari pemerintah RI, penerima penghargaan ini diberikan kepada Masyarakat perorangan, kelompok pengusaha dan aparat yang telah memberikan upaya yang menghasilkan karya luar biasa dalam mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan.
" Tujuan  pemberian penghargaan ini untuk memberikan motivasi kepada aparatur pemerintah dan masyarakat luas untuk mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan didaerah, ujar Kadis Tanaman Pangan Kuansing, Ir. Maisir,kepada wartawan belum lama ini di Teluk KUantan.
Dikatakan Maisir, keberhasilan Sutinah, petani yang mewakil KUansing , merupakan hasil kerjakeras dan binaan Dinas Tanaman Pangan Kuansing baik periode lalu maupun saat ini. Setakat ini jelas Maisir,  berdasarkan informasi yang diterimanya, sudah ada sekitar 30 penghargaan dari berbagai pihak di terima Dinas Tanaman Pangan Kuansing selama kurun waktu 5 tahun terakhir.
" Ini tentunya tak lepas dari dorongan dan bimbingan BUpati Kuansing,H Sukarmis. Pihaknya hanya meneruskan upaya yang sudah ada, dan pihaknya bersyukur petani Kuansing bisa ke Istana dan mendapatkan penghargaan dari Negara," cetusnya.
 
Sementara Sutinah , menyebutkan keberhasilan Gapoktan nya adalah dalam usaha pembuatan dan pengolahan kue nugget ikan patin, aneka keripik (jengkol, ubi, kentang) dan minuman isntans berupa kunyit asam jahe susu yang semuanya berasal dari bahan baku local. Hasil olahan yang telah di buatnya dengan kemasan sesuai standart kesehatan, mampu di terima pasar sehingga melambungkan nama kelompok tani nya.
Dirinya besyukur, dengan usaha rumahan mampu hadir ke Istana Negara dan ini sungguh tak di kira, pungkasnya saat di temui di bilangan Sungai jering Teluk Kuantan belum lama ini. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT