Mesjid Agung Kuansing jika sudah tuntas dibangun. ( ktc )

2014, Dianggarkan Dana 20 M Untuk Penuntasan Mesjid Agung Kuansing

Minggu,07 Desember 2013 - 03:12:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Tahun anggaran 2014 mendatang, Pemkab Kuansing bertekad menuntaskan pembangunan mesjid kebanggaan warga Kuansing mesjid agung di Senambek Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan yang kini masih terbengkalai.
Hal ini dikatakanSekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd  saat ditanya mengenai kelanjutan pembangunan mesjid agung yang terbengkalai, Jumat ( 6/12/2013 ) . " Memang Kita usulkan dana untuk mesjid agung dalam RAPBD 2014,"ujarnya.
Jika sebelumnya dana pembangunan mesjid terbesar di Kuansing tersebut dilakukan dalam bentuk hibah namun karena mesjid ini sudah berubah status menjadi mesjid Pemkab, maka pembangunan fisiknya dilakukan melalui Satker terkait dalam hal ini Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang.
" Kalau dulu masih dikelola yayasan maka dana dalam bentuk hibah ke yayasan, namun setelah berubah menjadi mesjid milik Pemda  maka kelanjutan pembangunannya dilakukan melalui Satker terkait, namun tentu nantinya tergantung pembahasan dengan DPRD,"ujarnya.
Mengenai dana yang dialokasikan bagi kelanjutan pembangunan mesjid agung tersebut ujarnya, sebesar Rp 20 Milyar. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan 4 menara yang belum ada hingga saat ini, kemudian pagar dan selasar atau bangunan penghubung dari mesjid ke empat menara tersebut.
" Disamping itu untuk elemen-elemen lainnya sesuai rencana pembangunan mesjid tersebut,"ujarnya.
Untuk diketahui ujarnya, sesuai rencana mesjid agung yang ada saat ini belum seluruhnya tuntas. Masih ada unsur lain dari mesjid sebagai satu kesatuan yang belum dibangun, salah satunya empat menara dan pagar serta elemen penunjang lainnya.
" Kalau seluruh unsur mesjid tersebut tuntas dibangun barulah masyarakat akan melihat dengan jelas bangunan mesjid secara keseluruhan,'ujarnya.
Penataan mesjid agung ini ujarnya diperlukan, karena menjadi pusat kegiatan keagamaan , baik yang dilakukanoleh pemerintah daerah maupun masyarakat. Sehingga sarana dan prasarana pendukungnya juga harus memadai.
Sementara itu hasil pantauan wartawan, setiap hari mesjid ini memang cukup ramai didatangi jemaah, apalagi pada hari Jumat, saat sholat jumat ribuan jemaah memadati mesjid ini untuk menunaikan sholat Jumat karena dinilai sangat nyaman dan bersih. Jemaah mulai dari pejabat Pemkab dan masyarakat umum. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT