Di Inggris, Patung Nelson Mandela Juga Berbaju Batik

Di Inggris, Patung Nelson Mandela Juga Berbaju Batik
Fhoto : BBC


LONDON  - Patung mantan Presiden Afsel Nelson Mandela berdiri tegak di Kota London, Inggris. Lengkap dengan pakaian khasnya yaitu batik, patung Mandela yang didirikan pada Agustus tahun 2007 berdiri kokoh di antara tokoh-tokoh terkemuka dunia lainnya.

Peresmian patung ini dilakukan oleh Mandela yang kala itu masih berusia 89 tahun bersama sang istri, Graca Machel. Perdana Menteri Inggris yang kala itu dijabat oleh Gordon Brown juga turut meresmikan patung tersebut di alun-alun kota.

"Pemimpin terbesar dan paling berani dari generasi kita," puji Gordon Brown seperti dikutip dari situs berita BBC, Jumat (6/12/2013).

Patung itu didirikan sebagai bentuk perlawanan terhadap sikap rasis yang masih saja terjadi di berbagai bumi. Patung ini merupakan gagasan aktivis anti rasis Inggris, Donald Woods.

Dalam sambutannya, Mandela tetap menunjukkan sikap rendah hati. Dia meminta setiap orang yang melihat patung ini harus mempunyai sikap toleransi dan menolak penindasan atas dasar apa pun.

“Meski patung ini adalah seorang pria, ini adalah simbol dari semua orang yang melawan penindasan, khususnya di negeri saya,” katanya dalam peresmian.

Selang 6 tahun setelah pendirian patung itu, Mandela berpulang untuk selamanya. Ratu Elizabeth II turut menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga Mandela. Ratu menganggap Mandela adalah sosok pejuang yang tak kenal lelah dan selalu berjuang untuk negaranya.

"Sang Ratu sangat sedih untuk belajar dari kematian Nelson Mandela tadi malam. Dia bekerja tanpa lelah untuk kebaikan negaranya, dan warisannya adalah Afrika Selatan yang damai yang kita lihat sekarang, " kata Pejabat Istana Buckingham dalam sebuah pernyataannya.( sumber : BBC/dtc )

Berita Lainnya

Index