Jadwal Pengumuman Penerimaan CPNS Belum Juga Pasti

Jadwal Pengumuman Penerimaan CPNS Belum Juga Pasti
Ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Rencananya awal Desember akan dilakukan pengumuman peserta yang lulus sebagai calon pegawai negeri sipil ( CPNS ). Tetapi setakat  ini, Pemkab Kuansing belum juga menerima hasil pemeriksaan  jawaban ujian yang dibuat peserta testing  CPNS tersebut.
" Belum tahu kapan akan diumumkan, rencana semula memang awal Desember ini, bagaiman mau diumumkan hasil pemeriksaan lembar ujian peserta belum Kita terima,"ujar Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd yang ditanya soal ini, Selasa ( 3/12/2013).
Menurutnya, pengumuman para peserta yang lolos baru dapat dilakukan setelah MenPAN RI menyampaikan hasil testing para peserta ke daerah termasuk ke Kuansing. " Sekarang Kita belum tahu apakah proses hasil penilaian peserta sudah selesai atau belum, karena proses penilaian jawaban peserta memang menjadi domain pemerintah pusat,"ujarnya.
Muharman juga tidak mengetahui dengan pasti lembaga yang memeriksa hasil ujian peserta CPNS asal Kuansing. Karena kewenangan itu berada di komisioner MenPAN yang dibentuk untuk Kuansing.
" Yang pasti juga lembaga yang memeriksa hasil ujian peserta CPNS termasuk Kuansing juga diawasi ketat oleh KPK, BIN, Kejaksaan, Ombudsman  dan lembaga-lembaga pengawasan lain, Tidak ada celah untuk bermain, kalau ingin coba kaki bisa ke atas ( resiko besar),"ujarnya.
Menurut Muharman, setahu dirinya, hasil pemeriksaan ujian peserta tidak akan dikirimkan seluruhnya ke daerah. Hanya peserta yang memiliki nilai diatas ketentuan yang ditetapkan yang akan dikirim ke daerah. " Misalnya nilai terendah harus rata-rata 6, maka yang rata-rata 6 keatas yang akan dikirim ke daerah,"ujarnya.
Selanjutnya daerah berdasarkan hasil peringkat yang telah diserahkan MenPAN akan menentukan peserta yang lolos seleksi. " Memang wewenang penentuan lulus berada di daerah, namun tentu berdasarkan peringkat kelulusan yang telah diberikan oleh Kementrian PAN dan RB, "ujarnya.( isa )

Berita Lainnya

Index