Pemindahan Pusat Pemerintahan Pemko ke Tenayan Habiskan Rp500 Miliar

Pemindahan Pusat Pemerintahan Pemko ke Tenayan Habiskan Rp500 Miliar
Walikota Pekanbaru, Ir Firdaus, MT. ( hrc )



PEKANBARU- Pembangunan tujuh kantor Pemko Pekanbaru, termasuk kantor walikota yang menghabiskan anggaran Rp500 miliar akan dimulai tahun 2014.

Walikota Pekanbaru, Firdaus akan mengusulkan pemindahan kantor walikota atau pusat pemerintahan kepada presiden. Sehingga pusat pemerintahan Pemko akan dipindah dari Kecamatan Sukajadi ke Kecamatan Tenayan Raya.

Hal itu disampaikan Walikota Pekanbaru, Firdaus usai memaparkan rencana pemindahan kantor walikota dari Kecamatan Sukajadi ke Tenayan Raya di depan perwakilan Kemendagri, Jumat (29/11/2013).

Walikota menyatakan, proposal pembangunan kawasan perkantoran Pemko tersebut sudah dipersiapkan.

"Akan segera dikirimkan dan pembangunan sudah bisa dimulai 2014 mendatang," ungkap Firdaus.

Dikatakan, pembangunan kantor walikota dan pusat perkantoran pemko akan dimasukan dalam proyek pembangunan multiyears senilai Rp500 miliar.

Sekjen Direktorat Pemerintahan Umum Kemendagri, Mohammad Roem mengungkapkan, rencana pemindahan pusat pemerintahan tersebut menjadi pembahasan utama pertemuan, karena sesuai ketentuan perundang-undangan pemindahan ibukota suatu daerah itu akan diproses melalui Kemendagri.

Mohammad menilai, pemindahan pusat pemerintahan sudah memenuhi syarat. Terutama, jika dilihat dari  tingkat kepadatanannya sudah sangat tinggi.

"Kemudian juga untuk pemekaran kepadatan agar keramaian itu bisa diarahkan ke arah pingiran kota yang masih relatif lokasinya luas karena kantor saat ini tidak representatif lagi," jelasnya.( sumber : MRNetwork/halloriau.com )

Berita Lainnya

Index