Panwaslu Kuansing Lakukan real Count Hasil Pilgub Putaran II

Panwaslu Kuansing Lakukan real Count Hasil Pilgub Putaran II
Ilustrasi real count. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu ) Kuansing bakal menggelar real count hasil Pilgub putaran II, Rabu (27/11/2013 ). Real count sebagai data pembanding.

Hal ini dikatakan Anggota  Panwaslu Kuansing, Ahdanan Saleh, S.Ag, M.Ag, Selasa (26/11/2013) kemaren. "Kita akan mengadakan real count pada putaran kedua ini," ungkap Ahdanan.

Ditambahkan Adnan, real count ini diadakan sebagai data pembanding, kalau terjadi perbedaan hasil pemilihan yang menyebabkan protes dari pihak lain.

Dijelaskan juga untuk melakukan real count ini, Panwas menyiapkan 316 orang Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk memantau di setiap desa dan kelurahan se Kabupaten Kuansing.

Sementara itu, terkait akurasi data, Ahdanan mengaku data yang didapatkan dari PPL cukup akurat , sebab mereka telah melakukan hal yang sama pada putaran pertama lalu.

Mengenai pola kerjanya, ungkap  Adnan, PPL hanya mengirim sms dengan format sesuai C1 yang akan menginformasikan jumlah dpt, suara sah, suara tidak sah, dan pemilih dari TPS lain.

Sedangkan terkait pelanggaran, setakad ini pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran yang bersifat fatal. Namun pihak mengakui banyak menerima laporan adanya pelanggaran, tapi laporan tersebut tidak disertai bukti kongkrit.

" Kalau hanya sekedar isu kami banyak mendengar, namun disisi pembuktian sulit didapat," beber Adnan.

Justru itu, untuk meminimalisir pelanggaran, Ahdanan berharap kerjasama semua pihak, baik masyarakat umum maupun pihak media massa, "Kami berharap kawan- kawan wartawan jika ada temuan (pelanggaran,red) tolong sampaikan ke kami," harap Adnan. ( isa  )

Berita Lainnya

Index