Bupati Lantik Kepala Desa Sampurago Hulu Kuantan

Bupati Lantik Kepala Desa Sampurago Hulu Kuantan
Kades Sampurago Yasri dan istri saat menerima ucapan selamat dari Bupati H Sukarmis. ( ktc )


LUBUK AMBACANG  - Bupati Kuansing,  H Sukarmis, Selasa ( 19/11/2013 ) melantik Yasri sebagai kepala desa (Kades) Sampurago, Kecamatan Hulu Kuantan. Pelantikan yang dihadiri pejabat dan warga masyarakat  ini dilangsungkan di halaman kantor Camat Hulu Kuantan.

Dalam sambutannya, Bupati H Sukarmis meminta Kades desa untuk fokus membangun desa. Sebagai pejabat negara yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah, Kades  harus memiliki hubungan baik dengan pemerintah diatasnya.

" Kades  itu hendaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah mulai dari kecamatan hingga kabupaten, guna membangun desa yang lebih baik," kata Sukarmis.

Sukarmis juga berpesan supaya Kades  mendukung setiap pembangunan yang dilaksanakan di desa, sehingga pembangunan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat. "Ini adalah amanah, maka kepentingan desa dan masyarakat harus diutamakan," ingatnya lagi.

Disarankannya, bahwa di desa, seorang Kades harus dekat dengan masyarakat yang harus mengetahui apa yang menjadi aspirasi masyarakatnya untuk diusulkan pembangunannya kepada pemerintah diatasnya.

"Kalau hal ini tidak dilakukan, tentu kepala desa tidak akan bisa melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di desa. Aspirasi itu ada di masyarakat, dan carilah aspirasi itu, supaya pembangunan di desa bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Menurutnya, dalam pesta demokrasi, kalah dan menang adalah hal yang biasa. Oleh karenanya, diharapkan kepada Kades Sampurago supaya merangkul semua elemen masyarakat di desa. "Kalah dan menang dalam demokrasi itu biasa. Rangkul semua elemen masyarakat di desa," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sukarmis juga mengingatkan Kades supaya tidak terlibat dalam politik praktis."Kepala desa tidak boleh berpolitik, karena bukan orang politik," katanya.( ultra sandi )

Berita Lainnya

Index