2014, 3 Kecamatan Baru Terima Dana PNPM-MPD Rp.4.5 Milyar

2014, 3  Kecamatan Baru Terima Dana PNPM-MPD Rp.4.5 Milyar
PNPM - MPD. ( ktc )

TELUK KUANTAN- 3 kecamatan hasil pemekaran di Kuansing masing-masing Pucuk Rantau, Sentajo Raya dan Kuantan Hilir Seberang tahun 2014 mendatang mendapat tambahan suntikan dana pembangunan. Kali ini melalui program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri [eerdesaan (PNPM-MPd).
Dalam rangka hal tersebut, kader-kader yang akan mengelola dana ini di tiga kecamatan tersebut dibekali pelatihan penyusunan proposal dan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa ( RPJM -des ) bagi kader pemberdayaan masyarakat desa ( KPMD ) di Hotel Kuantan sejak tanggal 15 November sampai dengan 17 November lalu.
 
Menurut Fasilitor Kabupaten ( FK ) PNPM-MPD Kuansing, Jusniati, masing-masing 3 kecamatan baru tersebut akan menerima dana Rp1.5 Milyar, dengan demikian untuk 3 kecamatan baru tersebut dialokasikan dana sebesar Rp.4.5 Milyar.
" Total dana untuk tiga kecamatan ini adalah Rp. 4,5 milyar masing- masing kecamatan mendapatkan Rp. 1,5 milyar, yang bersumber dari dana APBN dan APBD Kuansing,"katanya.
Terkait pelatihan bebernya, acara tersebut dibuka Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPMPKB ) Kuansing, Drs Asharuddin diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Darusman Ismar sekaligus sebagai PJO Kabupaten PNPM-MPd Kuansing. Juga dihadiri Satker Faskab PNPM MPd Kuansing, Daviq Agustri, Tim FK Salmiati dan Laila Wahyuni. Serta peserta dari RBM  9 orang terdiri dari pengurus dan koordinator RBM.

Pelatihan tersebut bebernya diikuti 44 peserta terdiri dari 17 dari Sentajo Raya, 11 dari Pucuk Rantau dan 16 dari Kuantan Hilir Seberang. Para peserta dibekali  materi pelatihan tentang tugas dan fungsi KPMD , kebijakan dasar PNPM Mandiri Perdesaan, Teknik Pengkajian Keadaan Desa, Mekanisme Penyusunan RPJM Des dan RKP Des  dan Pembuatan Proposal Usulan Desa untuk PNPM Mandiri Perdesaan. ( ismada )

Berita Lainnya

Index