Dua narasumber, Ruspan Aman dan Dr.Akbar Ali saat memberikan materi pada penyuluhan Parpol yang dita

Menuju Pemilu 2014 Berkualitas

Kesbangpol Kuansing Beri Penyuluhan Parpol

Kamis,13 November 2013 - 04:26:00 WIB
Share Tweet Google +

TALUK KUATAN-Dalam rangka menuju Pemilihan umum (Pemilu) 2014 yang berkualitas, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kuantan Singingi memberikan penyuluhan kepada seluruh perwakilan Partai Politik, Selasa (12/11/2013) kemaren di aula SMK Negeri 2 Taluk Kuantan.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Asisten I Setda Drs Erlianto tersebut, pihak panitia menghadirkan dua nara sumber yaitu Kasubdit Parpol Dirjend Kesbangpolinmas Kementrian Dalam Negeri RI, Dr Akbar Ali dan salah seorang politisi Riau asal Kuansing, Ruspan Aman.

Adapun materi yang dipaparkan oleh kedua narasumber yaitu Strategi meraih suara pada Pemilu 2014 oleh Dr Akbar Ali dan Upaya penjegahan konflik internal partai serta aplikasinya kepada masyarakat yang dipaparkan oleh Ruspan Aman.

Dr Akbar Ali dalam pemaparannya lebih banyak menguraikan bagaimana langkah-langkah para caleg untuk meraih simpati masyarakat selaku pemilih. Disamping itu dirinya juga menyatakan, dengan tidak dicantumkannya foto atau gambar caleg pada surat suara akan menyulitkan para caleg untuk mensosialisasikan kepada pemilihnya.

Sementara itu Ruspan Aman dalam materinya mengatakan bahwa ada beberapa hal atau sikap yang harus dicermati oleh para pengurus partai dalam rangka mencegah konflik internal partai diantaranya yaitu keterbukaan atau transfaransi, loyalitas, dedikasi dan displin.

"Sebagaimana kita tahu, seringkali terjadi pengurus partai yang pindah partai, ini salah satunya akan dapat menyebabkan konflik internal partai, karena bisa saja yang baru masuk langsung mendapatkan posisi yang bagus dikepengurusan, ini tentunya akan menimbulkan kecemburuan bagi kader partai tersebut, hal seperti ini seharusnya dihindari,"katanya.

Setelah kedua narasumber memberikan materi, kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Pada sesi ini beberapa hal tentang Pemilu dikupas. Salah satu topik yang banyak dipertanyakan oleh peserta yaitu sistem perolehan kursi di DPRD yang masih banyak belum dipahami oleh para peserta yang sebagian besar merupakan caleg untuk Pemilu 2014 mendatang. (ultra Sandi)


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT