APBD 2012

Belum Mengacu Pada RPJMD 2011-2016

Belum Mengacu Pada RPJMD 2011-2016

 

TELUK KUANTAN – Penyusunan APBD  seharusnya mengacu kepada rencana pembangunan jangka menengah daerah RPJMD. Pasalnya RPJMD Kuansing 2011-2016 sampai saat ini belum disyahkan DPRD Kuansing.

“ Setahu Kami RPJMD belum disyahkan, jadi apa acuan yang digunakan oleh Bappeda dalam menyusun APBD, padahal ini merupakan salah satu dokumen dalam system perencanaan,”ujar Ir Mardianto Manan, MT, Kamis ( 27/9 ) siang.

Untuk itu dirinya berharap Bappeda Kuansing menggesa pengesahan RPJMD tersebut, agar kegiatan dan program yang disusun dalam APBD benar-benar mengacu kepada RPJMD sehingga tidak lari dari kontek yang hendak dicapai lima tahun kedepan sesuai dengan visi dan misi kepala daerah dan wakil kepala daerah. Ini tercantum dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Karena ujarnya,  RPJMD berpedoman kepada visi dan misi kepala daeran dan wakil kepala daerah saat maju di Pilkada, visi dan misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mengacu pula kepada rencana pembangunan jangka panjang ( RPJP ) daerah. RPJMD ini kemudian diajukan ke DPRD untuk disyahkan dan menjadi pedoman Satker dalam merencanakan kegiatan dan program.

“ Sehingga kalau semua diikuti tidak akan lari dari apa yang hendak diinginkan oleh daerah baik dalam jangka menengah maupun jangka panjang,”ujarnya.

Setahu dirinya jika RPJMD 2011 -2016 belum disyahkan, berarti sudah lebih dari 2 kali APBD disyahkan tanpa mengacu kepada RPJMD yakni APBD-P 2011 dan APBD 2012 serta APBD-P 2012. Karena itu dirinya berharap Bappeda sebagai leading sektor menggesa soal ini,agar APBD 2012 sampai tahun 2016 mengacu pada RPJMD yang sudah ada ini. “ Ini baik dari sisi perencanaan daerah dan asas taat aturan,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kuansing, Hardi Yacub yang dikonfirmasi melalui Sekeretaris Bappeda, Aswandi mengakui draft RPMJD belum disyahkan. Namun sekarang draft tersebut sudah berada di DPRD untuk dibahas dan disyahkan. Ditanya soal pedoman yang digunakan Bappeda dalam menyusun APBD karena RPJMD belum ada, Aswandi tak memberikan konfirmasi. ( ktc1)

Berita Lainnya

Index