Bangun Hotel dan Pasar Modern, Gaet Investor

Bangun Hotel dan Pasar Modern, Gaet Investor
Maket Hotel Pemkab Kuansing

TELUK KUANTAN -  Pemkab Kuansing disarankan menggaet investor membangun hotel berbintang dan  pasar modern. Sementara pembangunan Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) perlu mendapat sokongan penuh dari Pemkab.


"Kalau UNIKS tak ada masalah, silahkan. Cuma kalau untuk pasar dan hotel memang Pemkab perlu mencari dukungan dari pihak swasta," saran Mardianto Manan,MT  (27/9) siang.

Dengan menggaet investor, menurutnya memudahkan Pemkab Kuansing mewujudkan keinginanya tersebut. Karena saat ini, Pemkab tengah fokus membangun infrastruktur seperti jalan, listrik dan jembatan. Disamping sektor pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Ketua Jurusan Perencanaan Wilayah Universitas Islam Riau (UIR) ini menambahkan, sebagai daerah yang saat ini tengah membangun, diharapkan Kuansing yang merupakan daerahnya tergolong miskin dibandingkan daerah lain di Riau ini jeli mencari peluang investasi dari pihak swasta.

"Kan ada instansi yang menangani masalah investasi ini, dan mereka harus jeli mencari peluang. Kita ini sedang membangun. Karena itu, kita harus memberikan peluang bagi pihak-pihak swasta untuk menanamkan modalnya di daerah kita ini. Dan memang kita harus memberikan kemudahan kepada mereka, terutama masalah perizinan," sarannya lagi.

Pembangunan hotel dan pasar modern, katanya, diperlukan kajian dan analisa peluang oleh Pemkab. Setelah itu, Pemkab melalui instansi terkait bisa membeberkan potensi tersebut kepada pihak swasta ditambah dengan segala kemudahan yang akan diberikan. Sehingga keinginan Pemkab untuk membangun hotel dan pasar modern tersebut bisa terwujud tanpa menguras APBD.

Salahsatu upaya dari Pemkab, kata Dosen Pasca Sarjana Universita Riau ini, disamping permudah perizinannya, Pemkab juga bisa menyediakan lahan lengkap dengan sarana dan prasarannya, sehingga investor semakin teransang untuk berinvestasi di Kota Jalur ini. "Bisa saja Pemkab menyediakan lahan, sehingga nanti perhitungannya bisa bagi hasil atau dengan cara lain," katanya.

Pada prinsipnya, Ia mendukung pembangunan hotel dan pasar sebagai upaya Pemkab Kuansing menjadikan kota ini bisa berkembang menjadi kota tujuan wisata. Namun, diharapkannya dalam merealisasikan tidak membebani APBD, sehingga masyarakat tetap menikmati pembangunan. “ Terkait pembangunan gedung UNIKS, Saya sangat mendukung sekali,”pungkasnya.

Sebelumnya dalam berbagai kesempatan, Bupati H Sukarmis merencanakan di tahun 2013 mendatang bakal membangun 3 proyek stratgegis yakni UNIKS, Hotel dan Pasar Modern dalam rangka menunjang perkembangan sektor pendidikan, pariwisata dan pendidikan. TIga sarana ini diperlukan untuk mendorong perkembangan 3 sektor tersebut serta menambah identitas sarana dan prasarana perkotaan di kota Teluk Kuantan. (ktc1 )

Berita Lainnya

Index