Tahap Awal, Siap Diproduksi 20 Ton Beras Kuansing Sebulan

Tahap Awal, Siap Diproduksi 20 Ton Beras Kuansing Sebulan
Beras Kuansing. ( rtc )


TELUK KUANTAN- Asosiasi penggilingan padi dibawah binaan Dinas Tanaman Pangan (Distangan) Pemkab Kuansing tahap awal berencana akan memproduksi sedikitnya 20 ton Beras perbulan. Beras yang diberi Jargon Beras Kuansing ini akan dihimpun dari 178 unit penggilingan padi yang tersebar disejumlah daerah.

" Nanti akan dikumpulkan 100-200 kilogram beras per 1 unit penggilingan," ujar Kadistangan Kuansing melalui Kabid Bina Usaha, Sofinal.

Katanya, jika program ini terealisasi dengan baik, maka diprediksi keuntungan ditingkat pengusaha industri penggilingan padi berkisar sekitar Rp10 hingga 20 juta perbulan. Dicontohkannya, jika biaya produksi beras perkilogram sekitar Rp9.000, dan harga jual sekitar Rp10.000, maka diperoleh keuntungan sekitar Rp1000/kilogram.

"Sementara ditingkat petani ujar Sofinal, diprediksi keuntungan yang diperoleh sekitar Rp4 hingga 6 juta, 1 kali tanam," kata Sofinal menjelaskan.

Dijelaskan Sofinal, Kabupaten Kuansing merupakan salah satu sentra produksi tanaman padi sawah di Provinsi Riau. Kini areal lahan sawah di Kuansing seluas 22.166 hektar. Sampai tahun 2011 lalu, lahan yangbtelah digarap oleh petani padi seluas 9.868 hektar.

" Dari luas yang digarap, kini telah menghasilkan sekitar 42.971 ton atau setara dengan 27.467 ton beras. Rata-rata perhektar petani kita bisa menghasilkan sekitar 4.30 ton, " pungkasnya.( sumber : riauterkini.com )

Berita Lainnya

Index