Pindah Lokasi, Ribuan Calon Peserta Tes CPNS Meranti Terkecoh

Pindah Lokasi, Ribuan Calon Peserta Tes CPNS Meranti Terkecoh
Suasana pengambilan nomor test di di kabupaten Kepulauan Meranti. ( ktc )

SELATPANJANG-Banyak calon peserta tes CPNS formasi teknis di Kabupaten Kepulauan Meranti mengaku tidak mengetahui pengalihan tempat pengambilan nomor tes CPNS dari Aula RSUD ke Gedung eks SMEA Lengkap Selatpanjang. Akibatnya, mereka yang mendatangi RSUD harus berbalik arah ke lokasi pengalihan.

Pantauan di RSUD Selatpanjang, Senin (28/10 ) pagi, tidak sedikit calon peserta tes yang mengaku kesal atas pengalihan tempat pengambilan nomor tes itu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, terutama mereka yang mendatangi RSUD Selatpanjang dengan menumpang angkutan becak dan ojek.

''Kami tidak tau ada pengalihan tempat pengambilan nomor ujian di RSUD ke gedung sekolah. Kami baru tau disini, terpaksa kami mengeluarkan ongkos lagi ke sekolah itu, karena tadi menumpang becak dari penginapan,'' kata Nita, salah seorang calon peserta test CPNS, di RSUD Selatpanjang.

Sementara di gedung eks SMEA Lengkap dekat komplek asrama Polisi Selatpanjang, kesemrawutan sistem pengambilan nomor calon peserta test CPNS sudah terlihat sejak pagi. Petugas pengamanan yang diharapkan dapat mengatur antrian di lokasi, ternyata datang terlambat setelah ribuan calon peserta terlebih dahulu menyesaki tempat pengambilan nomor tes.

Meski panitia sudah membagi tiga ruangan untuk pengambilan nomor tes bagi formasi tenaga teknis di gedung eks SMEA Lengkap Selatpanjang itu, namun ribuan calon peserta tetap berdesak-desakan untuk mendapatkan kesempatan lebih awal. Salah seorang petugas sengaja membanting pintu untuk membubarkan desakan calon peserta. Namun hempasan pintu yang cukup keras itu disambut sorakan oleh para pelamar CPNS yang sedang berdesak-desakan.

''Jangan kasar-kasar. Mengapa tidak diatur dari awal tadi, kami bukan anak kecil yang bisa dikasar-kasari,'' celetuk salah seorang calon peserta tes CPNS.

Setelah panitia menghentikan proses pengambilan nomor tes beberapa saat, barulah petugas polisi, Satpol PP dan dinas perhubungan mengatur antrian calon peserta yang ingin mengambil nomor tes tersebut. Dimana ruangan pengambilan nomor ujian dibagi berdasarkan abjad nama para calon peserta.

Saat masuk ruangan pengambilan nomor tes itu, para calon peserta terpaksa harus menunggu beberapa saat untuk mencari nama mereka. Pasalnya, nomor ujian yang ada pada panitia penyerahan nomor tes di SMEA Lengkap tidak sama dengan nomor yang sebelumnya diumumkan pada hasil seleksi administrasi calon peserta tes.

''Nomor peserta yang ada di tempat pengambilan nomor tes tadi, berbeda dengan nomor hasil seleksi administrasi yang sebelumnya ditempel di Kantor Kepegawaian. Berbeda juga dengan nomor yang diumumkan lewat website Pemda. Jadi kami harus mencari lagi nama diruangan pengambilan nomor itu,'' kata Fitra, setelah keluar dari ruangan pengambilan nomor tes.

Tindakan tidak terpuji juga terlihat dilakukan oleh oknum PNS di lokasi pengambilan nomor peserta tes CPNS itu. Salah seorang yang diketahui berstatus PNS, meski tidak mengenakan pakaian PNS tampak masuk ke ruangan pengambilan nomor tes tanpa antri bersama calon peserta yang lain, beberapa saat kemudian oknum itu keluar dengan selembar kertas nomor peserta tes yang diduga milik kerabatnya. ( sumber : MRNetwork/HRC )

Berita Lainnya

Index