40 Pejabat Eselon IV Ikuti Diklat PIM IV

40 Pejabat Eselon IV Ikuti Diklat PIM IV
Sekda H Muharman, M.Pd menyalami salah seorang peserta Diklat PIM IV. ( ktc )

TELUK KUANTAN – Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur sehingga memiliki kualitas baik kemampuan teknis maupun managerial dalam menjalankan kompetensi pada jabatan eselon IV, Pemkab Kuansing melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) melaksanakan Diklat PIM IV.  Diklat ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Drs Muharman, M, Pd.

Bupati Kuansing dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut yang dibacakan Sekda Drs Muharman, M.Pd mengatakan, pelaksanakaan diklat ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 dimana setiap PNS yang telah duduk pada jabatan eselon tertentu diharuskan untuk mengikuti diklat jabatan sesuai dengan tingkat eselonnya.

Atau bagi PNS yang dipersiapkan dan dinilai telah memenuhi persyaratan untuk menduduki jabatan struktural eselon IV. Menurut Bupati, Diklat yang diikuti oleh aparatur pejabat eselon IV ini merupakan momen untuk meningkatkan kualitas diri. “Keseriusan mengikuti segala peraturan yang berlaku di lingkungan diklat dan keaktipan saudara mengikuti segala bentuk proses pembelajaran merupakan indikator tingkat kesungguhan dalam meningkatkan kualitas diri,” ujar Bupati.

Disebutkan Bupati, keikutsertaan PNS dalam Diklatpim IV yang akan dilaksanakan ini adalah rangka peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mencerminkan kualifikasi pejabat eselon IV serta memiliki kompetensi kemampuan teknis maupun manajerial untuk melaksanakan tugas.  Berkaitan dengan itu PNS harus mentaati 10 variabel PNS yang berkualitas.

Yaitu, memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Kedua, harus kreatif dan inovatif dan tidak harus menunggu perintah atasan. Ketiga, memiliki disiplin yang tinggi. Keempat, memiliki budaya kerja yang baik dengan benar-benar melaksanakan tugas dan tanggungjawab.

Kelima, memiliki motivasi untuk maju dengan selalu meningkatkan kapasitas untuk bisa menjadi yang terbaik. Keenam, mampu membangun kerjasama dengan team work yang selalu bersinergi. Ketujuh, memiliki sifat jujur dan dapat dipercaya. Kedelapan, memiliki sifat dan sikap bertanggungjawab dan amanah. Kesembilan, memiliki loyalitas dan dedikasi baik kepada atasan maupun tugas sendiri. Dan yang terakhir memiliki etika dan moral. ( isa )

Berita Lainnya

Index