Politisi Wanita Bertekad Rebut Kuota 30 Persen

Politisi Wanita Bertekad Rebut Kuota 30 Persen
Komprensi Satu-satunya Kaum Perempuan yang duduk d

 

TELUK KUANTAN – Saat ini legislator dari kaum perempuan yang duduk di DPRD Kuansing baru 1 orang, Komperensi dari Partai Golkar. Jauh dari kuota minimal 30 persen yang diharapkan. Karena itu tekad para politisi wanita agar dapat menjadi wkail rakyat perlu di support pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang.

Pandangan ini juga diungkapkan Kabid Pemberdayaan Perempuan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kuansing, Yulisnah, S.Sos saatdihubungi wartawan.

“ Ke depannya, para Srikandi-srikandi Kuansing harus bertambah banyak lagi, dan harus mampu pula duduk di lembaga legislatif menjadi politikus yang handal, dan keterwakilannya mencapai 30 persen ,” paparnya.

Untuk mencapai hal tersebut ujarnya, tentu saja kaum perempuan harus berperan aktif disegala bidang dan tidak boleh berdiam diri saja saja. Sebab peluang kearah itu masih lebar dan terbuka luas.

Apalagi ungkapnya, pemberdayaan perempuan saat sekarang ini telah cukup baik dan bahkan peran perempuan telah sejajar dengan kaum laki-laki. Hal ini dapat dilihat telah banyak kaum perempuan yang dapat berperan aktif, baik sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di kantor, jadi Lurah, Camat sampai Bupati dan Walikota dan bahkan Gubernur dan Menteri. 

Sementara itu dua wanita  dari Dapil V ( Kuantan Mudik, Gunung Toar dan Hulu Kuantan ) sudah menyatakan kesiapannya maju menjadi wakil rakyat di Pemilu 2014 mendatang, salah satunya Indrawati yang berkeinginan maju, namun masih Parpol sebagai kenderaan.

“ Saya memang berkeinginan maju, akan tetapi belum tahu partai mana yang akan menjadi pengusung kelak, karena saat ini sedang mencari-cari atau meraba-raba partai yang cocok bagi dirinya. “ Salah satu hal yang mendorongnya maju karena jumlah perempuan di dewa masih sangat kurang,” paparnya.

            Hal yang sama juga disampaikan salah satu tokoh wanita Kuantan Mudik, Arniyus. Bahkan  walaupun dengan partai baru dirinya tidak gentar maju karena memang telah menjadi kebulatan tekadnya.

“ Saya tak gentar untuk maju, karena keterwakilan kaum perempuan di lembaga legislative masih kurang, dimana pemilu 2009 lalu hanya satu orang dan pemilu sebelumnya ada lima orang,” ungkap Arniyus.

            Dirinya maju tentu saja juga dengan perhitungan yang matang karena memiliki basis yang cukup handal, yang siap mengusungnya melenggang di lembaga legislative Kabupaten Kuansing tahun 2014 mendatang. “  Insya Allah terkabul atas doa restu masyarakat,”pungkasnya. ( ktc1 )

 

Berita Lainnya

Index