KB. ( ktc )

KB Kes Kuansing Masuk Lima Besar Nasional

Sabtu,18 Oktober 2013 - 02:04:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN- Satu lagi prestasi diraih Kabupaten Kuansing ditingkat nasional, yakni keberhasilan dalam pelaksanaan KB Kesehatan (KB-Kes) Atas keberhasilan tersebut Kuansing akan mewakili Provinsi Riau dalam lomba Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Hal ini terungkap setelah Tim Juri dari Direktorat Kesertaan Jalur Pemerintah BKKBN Pusat, datang langsung untuk melakukan verifikasi ke RSUD tersebut, Kamis (17/10) yang lalu.

Sedangkan tim verifikasi dari BKKBN Pusat yang didampingi oleh Kabid KB BPMPKB Kuansing, Drs. Sirfuadi melihat secara langsung pelayanan KB yang dilakukan di RSUD, baik pelayanan KB terhadap MOP (Medis Operasional Pria) maupun MOW (Medis Operasional Wanita).


" RSUD Teluk Kuantan telah bisa melayani MOW, sedangkan untuk MOP memang belum bisa karena peralatan belum lengkap dan harus di bawa ke RSUD Pekanbaru, akan tetapi Pemkab menggratiskan biaya trransportassi, akomodasi dan termasuk biaya operasi," Ungkap Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Keluarga dan Berencana (BPMPKB) Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Yasriadi, MM ketika dihubungi wartawan diruang kerjanya, Kamis .

Meskipun demikian, katanya, pemkab kuansing tidak akan pernah menyia-nyiakan bagi MOP untuk ikut sebagai akseptor kb, buktinya jumlah PUS (Pria Usia Subur) di Kuansing mencapai lebih darri 54.871 orang, sedangkan jumlah WUS (Wanita Usia Subur) mencapai lebih dari 77.227 orang belum lagi yang memakai alat kontrasepsi lainnya seperti impalnt, suntik, IUD dan sebagainya.

" Dari data jumlah wanita usia subur (WUS) sebanyak 77.227 orang dan pria usia subur (PUS) sebanyak 54.871 orang, sedangkan yang ikut kb di Kuansing melalui IUD, Suntik, Implant dan sebagainya tentu lebih dari 50 ribu orang, " tuturnya.

Menyinggung soal penilaian maupun yang menjadi dasar penilaian dalam lomba ini adalah sumber daya manusia (SDM) atau tenaga yang melayani KB, sarana dan prasarana, ketersediaan alat kontrasepsi dan kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung program KB yang ada di RSUD Kuansing.

 

Ditambahkannya, dari lima besar nominasi pelayanan kb tersebut, maka akan di pilih satu pemenang dalam lomba tingkat nasional, yang akan diumumkan pada tanggal 5 november mendatang. " Kita patut berikan apresiasi karena pelayanan kb di Kuansing satu-satunya di Provinsi Riau yang masuik nominasi lima besar," tukasnya. ( idi susianto )


TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT