Kupon daging sebagian besar sudah didistribusikan pengurus Mesjid. ( ktc )

Jumlah Hewan Kurban di Kuansing Menurun, Kupon Daging Mulai Dibagikan

Senin,14 Oktober 2013 - 01:56:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN – Jumlah hewan kurban pada Idul Adha  1434 Hijriah atau 2013 Masehi diperkirakan menurun dibandingkan Idul Adha 1433 Hijriah yang lalu. Jika tahun sebelumnya hewan Kurban yang ada diseluruh Kuansing mencapai 2400 ekor, pada Idul Adha kali hingga Senin ( 14/10 ) siang baru mencapai 1861 ekor.

“ Data hingga pukul 10.00 pagi, jumlah hewan kurban di seluruh Kuansing yang terdata oleh petugas Dinas Peternakan mencapai 1861,”ujar Kadis Peternakan, Masri, SP, M.Si, Senin siang.

Namun data tersebut masih dapat berubah, karena warga yang ingin berkurban masih dapat dilakukan hingga Senin sore, pasalnya belum seluruh data masuk. Dari kecamatan Kuantan Tengah baru terdata 325 ekor pada tahun-tahun sebelumnya melebihi dari jumlah ini. “ Ini data pada pukul 10.00 WIB yang masuk, dari petugas Disnak yang turun ke mesjid-mesjid sambil memeriksa kesehatan hewan kurban,”ujarnya.

Dari 1861 ekor hewan kurban tersebut, bebernya, kerbau sebanyak 35 ekor, kambing 22 ekor dan sisannya sapi ( Jawi ). “ Paling banyak tuh sapi,”ujarnya.

Mengenai kesehatan hewan kurban ujarnya, sejauh ini dari hasil pemantauan petugas ke lapangan, belum ditemukan adanya hewan kurban yang mengandung penyakit yang membuat  pemotongannya harus dibatalkan.

“ Kalau itu belum ditemukan petugas,”ujarnya.

Karena alasannya, warga yang berkurban dan panitia kurban saat hendak membeli hewan kurban juga melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan ternak tersebut. “ Kalau sakit tentu mereka tidak akan membeli, karena pertanggungjawaban ke warga yang berkurban, ini membantu petugas Kita dalam memeriksa kesehatan hewan kurban,”ujarnya.

Namun demikian pengawasan kesehatan tetap dilakukan dengan ketat, sebelum dan sesudah pemotongan, petugas Disnak mengawasi kesehatan hewan ternak ini. “ Bahkan usai dipotong hewan kurban petugas mengambil sampel daging untuk diperiksa,”ujarnya.

Terkait hal ini juga, Masri berharap warga dan panitia menginformasikan kepada petugas Disnak jika ada hewan Kurban yang dianggap kurang sehat atau mengandung penyakit berbahaya. “ Ini semata-mata agar warga tidak dirugikan,”ujarnya.

Sementara itu sejumlah mesjid, Senin pagi sudah mengedarkan kupon pembagian daging  hewan Kurban, seperti yang dilakukan pengurus mesjid Al-Furqon. Menurut Sekretaris Pengurus Mesjid ini, Sepli Imran, sejak Senin pagi atau sehari sebelum hari raya Idul Adha , kupon pembagian daging sudah disebarkan.

“ Penyebaran dilakukan melalui ketua RT yang ada di kelurahan Sungai Jering, karena fihak RT yang mengetahui jumlah warganya,”ujarnya.

Mengenai jumlah hewan Kurban saat ini ujarnya, sebanyak 21 ekor sapi. 22 Ekor sapi itu berasal dari 154 warga yang melakukan Kurban pada tahun ini. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Sukarmis : Indragiri Kedepan Bisa Jadi Provinsi Baru

Kamis,10 Oktober 2013
Sosial & Agama

Dikukuhkan, IKMR Kuansing Tegaskan Netral Dalam Politik

Sabtu,15 Agustus 2015
Sosial & Agama

Kisruh BPJS di Kuansing, Kajari Panggil Jajaran RSUD

Jumat,25 Maret 2016