Jadikan Pancasila Pondasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Jadikan Pancasila Pondasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

 

TELUK KUANTAN – Di era reformasi dan otonomi daerah saat ini, segenap elemen masyarakat diminta menjadikan Pancasila sebagai pondasi dan acuan dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara. Agar setiap warga negara memiliki pemahaman yang sama dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yaitu nilai-nilai yang terkandung  dalam lima sila yang ada.

            Hal tersebut disampaikan Wabup Kuansing Drs H Zulkifli, M.Si saat membuka kegiatan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila Bagi Pengurus Organisasi Kepemudaan se-Kuansing di Balai Kesenian Daerah Narosa Teluk Kuantan, Rabu ( 26/9 ) pagi yang ditaja Badan Kesbangpolinmas Kuansing.

            “ Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah menggalakkan kembali penanaman nilai-nilai Pancasila melalui proses pendidikan, pelatihan, sosialisasi dan kegiatan lain yang sifatnya memberikan pemahaman serta pencerahan  tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam bersikap dan berperilaku,”ujarnya.

            Apalagi ujar Wabup, Pancasila sebagai dasar dan ideology negara merupakan kesepakatan bangsa Indonesia ketika negara Indonesia didirikan. Dewasa ini akibat kemajuan ilmu  dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi, terjadi perubahan pola hidup masyarakat yang begitu cepat.

            “ Tidak satu pun bangsa dan negara mampu mengisolir diri dan menutup rapat dari pengaruh budaya asing. Demikian juga terhadap Pancasila sebagai dasar falasafah negara Indoensia, karenanya pandangan hidup bangsa sering mengalami deviasi  berupa penambahan, pengurangan bahkan penyimpangan. Oleh sebab itu Saya mengajak  kalangan generasi muda agar selalu berperilaku sesuai dengan butir-butir Pancasila,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Panpel H Lenis, SP, menyatakan, kegiatan ini diikuti 420 peserta yang berasal dari 35 organisasi kepemudaan yang ada di Kuansing. Sedangkan yang menjadi narasumber pada acara ini  menurut Lenis masing-masng Kapolres Kuansing dengan materi peranan kepolisian dalam pertahanan Negara yang akan disampaikan AKP Mahmudin. Dr Agus Mandar, M.Si dengan materi Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan beragama. Drs Yasriadi, MM dengan materi Pancasila dan Falsafah Hidup Bangsa. ( ktc1 )

Berita Lainnya

Index