Syukuran Jalur Linggar Jati J-A RAPP Meriah

Syukuran Jalur Linggar Jati J-A RAPP Meriah
Bupati H Sukarmis menyerahkan bonus kepada penguru

 

TELUK KUANTAN –  Syukuran keberhasilan Jalur Linggar Jati J-A RAPP asal Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean meraih juara I pacu jalur tradisional event nasional 2012 di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Senin ( 24/9 ) malam  berlangsung  meriah

Tidak hanya warga warga desa Pulau Kumpai asal jalur ini yang merasakannya, namun juga warga Pangean. Apalagi dalam acara turut hadir Bupati H Sukarmis, Sekda Drs H Muharman, M.Pd, anggota DPRD Kuansing Sutrisno, Kadis, Kaban, Kabag, Camat Pangean Novrion dan undangan lain nya. Pasalnya jalur ini mampu memenuhi dahaga kemenangan warga Pangean setelah menunggu lebih kurang 28  tahun.

Karena itu acara yang digelar di dusun I Desa Pulau Kumpai itu, juga dihadiri ribuan masyarakat yang berasal dari 14 desa di Pangean dan seluruh masyarakat Kuansing asal Pangean yang turut menyaksikan rangkaian acara sykuran jalur Linggar Jati ini.


Kemeriahan syukuran jalur kebanggaan masyarakat Pangean ini semakin terasa dari banyaknya rangkaian acara, diawali dengan tarian persembahan, pembacaan syair budaya Pangean dari Sanggar Seroja SMAN 1 Pangean.Disusul kemudian dengan penampilan Nandong Seorang Ibu dalam Menidurkan Anaknya. Selanjutnya, juga diisi dengan kreativitas murid SDN 001 Pasarbaru dan Tari Kreasi dari SMPN 1 Pangean. Kemeriahan acara syukuran Linggar Jati semakin lengkap, disamping dihibur oleh orgen tunggal Skill Musik, juga di sepanjang Dusun I Pulau Kumpai ini dimeriahkan dua grup kayat, masing-masing Group Kirit dan Dendang Kamari Jadi pimpinan Eri Patopang.


Untuk memberikan dukungan ata pelaksanaan kegiatan ini,  Bupati Sukarmis memberikan donasi bonus bagi jalur Linggar Jati sebesar Rp10 juta. Tidak hanya itu, kedepan, Ia menjanjikan bonus hadiah yang lebih besar kepada jalur Linggar Jati jika kembali berhasil meraih juara pertama pada even pacu jalur nasional tahun 2013.  "Kalau Linggar Jati kembali berhasil juara di Teluk Kuantan, saya janjikan bonus yang lebih besar lagi dari ini (Rp10 juta)," ujarnya.


Menurutnya, kunci untuk bisa mempertahankan prestasi ini adalah dengan bersatu, kompak dan terus berlatih dengan serius. "Tak kan percaya saya Linggar Jati ini bisa juara tanpa adanya persatuan dan latihan serius. Makanya, kalau bisa dipertahankan, saya janjikan sumbangan yang lebih besar," ujar Sukarmis yang disambut tepuk tangan para pengunjung.

 
Sebelumnya, jalur yang dulunya dilayur oleh Bupati Sukarmis dua tahun silam ini mendapat bonus dari Pemkab Kuansing sebesar Rp10 juta. Dalam kesempatan itu juga ada bonus sebesar Rp5 juta dari PT RAPP, dan ditambah bonus Rp2 juta dari PT CRS serta Rp1 juta dari pemuka pasyarakat Pangean di perantauan, Yahfiz. Selain itu juga ada bantuan dari pemuka masyarakat Pangean, seperti Hendra AP MSi yang menyumbangkan satu ekor Sapi, dan Delis Martoni menyumbangkan satu ekor Kerbau dan Camat Pangean Novrion SSos serta Jupri Arianto.


Camat Pangean Novrion berharap, supaya masyarakat Linggar Jati menyadari, bahwa keberhasilan ini didapat karena dukungan semua pihak, mulai dari dukun jalur, anak pacu, pelatih, masyarakat dan pengurus. "Semuanya berkaitan, karenanya mari kita pertahankan semangat kebersamaan dan persatuan ini untuk menjadi lebih baik di masa mendatang," ujar Novrion. ( ktc1 )

Berita Lainnya

Index