Diduga Malpraktik Hingga Bayi Meninggal, Bidan di Bengkalis Dilapor ke Polisi

Diduga Malpraktik Hingga Bayi Meninggal, Bidan di Bengkalis Dilapor ke Polisi
ilustrasi. ( grc )

PEKANBARU - Dugaan malpraktik terjadi di Kabupaten Bengkalis, Riau. EN, seorang oknum bidan di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, diduga telah 'membunuh' secara tidak langsung dua bayi pada waktu yang berbeda.


Menurut laporan resmi yang diterima Polda Riau pada Senin (30/9) dan di sampaikan kepada wartawan, Rabu siang (2/10 ), indikasi kasus tersebut dilaporkan oleh warga yang berbeda.


Kasus pertama, dilaporkan terjadi pada 18 Desember 2012 sekitar pukul 09.30 WIB, dengan tempat kejadian di lokasi praktik terlapor EN. Korban diketahui bernama Nurlela Horbo (23), warga Dusun Air Hitam, Kelurahan Semunai, Kecamatan Pinggir, Bengkalis.


Kronologinya berawal ketika korban melahirkan anak pertamanya di tempat praktik terlapor. Pelaku ketika itu merendam bayi yang baru dilahirkan pasiennya itu dengan es batu selama setengah jam dengan alasan untuk mengejutkan bayi tersebut.


Kemudian tersanga itu membawa bayi korban ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa basung untuk mendapatkan oksigen, namun bari tersebut telah meninggal dunia.


Kejadian Kedua


Kejadian kedua juga dilaporkan pada Senin (30/9), berlangsung pada 8 Oktober 2012 sekitar pukul 08.00 WIB di Jalan Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis.


Korban diketahui bernama Juleha, merupakan isteri dari pelapor, Wama (27), dengan saksi Tinak yang merupakan nenek korban.


Kronologi kejadiannya menurut laporan yang diterima kepolisian, berawal ketika korban melahirkan bayi dengan dibantu saksi, dengan kelaihar yang sehat dan normal. Waktu itu, saksi kemudian memotong serta mengikat tali pusar bayi itu, namun tersangka kemudian memandikannya dengan merendamnya ke dalam es batu.


Alasannya sama dengan korban sebelumnya, yakni untuk mengejutkan bayi yang baru lahir itu.


Menurut keterangan saksi, setelah itu pelaku kemudian menjemur bayi tersebut dan kemudian memberikan lada hitam ke mulut bayi. Setelah itu, kata saksi, sang bayi kemudian ditidurkan di tempat tidur dan tidak lama kemudian bayi yang baru dilahirkan itu meninggal dunia.


Sebelumnya, Sabar Menanti Pasaribu, warga Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, juga melaporkan bidan yang sama dengan kasus juga malpraktik yang menyebabkan isterinya meninggal dunia.( sumber : goriau.com )

Berita Lainnya

Index