Demo di DPRD Riau, HMI Desak Kadis Kehutanan Dicopot

Demo di DPRD Riau, HMI Desak Kadis Kehutanan Dicopot
HMI demo di DPRD Riau. ( fhoto : riauterkini.com )

PEKANBARU- Himpunan Mahasiswa Islam cabang Pekanbaru menganggap DPRD Riau tidak lagi menjalankan fungsi controllingnya, terutama dengan memprihatinnya kondisi hutan di Riau.

“Ke mana anggota dewan kita, wakil rakyat di gedung ini, lihatlah kondisi hutan kita saat ini bapak, ibu anggota dewan,” kata Ali Mahmuda, Koordinator Lapangan saat menyampaikan orasinya di gedung DPRD Riau, Selasa (01/10).

Menurutnya, hutan di Riau ini telah digadaikan oleh para pemimpin dan stake holder yang ada di Riau. Juga, dinas kehutanan Provinsi Riau yang merupakan instansi yang ditunjuk untuk membidangi persoalan hutan di Riau, harus bertanggung jawab terkait ini.

Ali Mahmuda pun menyampaikan beberapa poin yang menjadi tuntutannya. Yakni, DPRD Riau harus menjalankan fungsi controlling, Usir RAPP dan anak-anak perusahaannya dari bumi lancang kuning.

Selanjutnya, Copot kepala dinas kehutanan Provinsi Riau karena tidak dapat menjalankan tugas sehingga hutan di Riau menjadi rusak, Audit kembali setiap izin kehutanan yang dikelola perusahaan, Kembalikan tanah yang di luar HGU dan HTI, Periksa dan cabut izin perusahaan yang melanggar aturan hukum yang berlaku, HMI akan mengawal proses ini sampai RAPP hengkang dari bumi lancang kuning.

Sementara itu, Rusli Ahmad, Ketua Komisi B DPRD Riau mengatakan, fungsi pengawasan terbatas di dewan ini. Di samping itu, pihaknya juga sudah memberitahukan kepada perusahaan-perusahaan yang besar agar tidak menzolimi masyarakat kecil.

“Kita mendesak dinas kehutanan Provinsi Riau agar jangan mengeluarkan izin bagi perusahaan besar yang nantinya bisa merugikan masyarakat,” tutupnya. ( sumber : riauterkini.com )

Berita Lainnya

Index