Survei INSIS: Ruhut Paling Ngotot, Priyo Paling Disukai

Survei INSIS: Ruhut Paling Ngotot, Priyo Paling Disukai
Ruhut Sitompul. ( fhoto : detik.com )

JAKARTA  - Jajak pendapat Lembaga survei Institut Riset Indonesia (INSIS) tentang citra DPR juga mencakup persepsi terhadap sepak terjang anggota DPR yang jadi pemberitaan. Priyo Budi Santoso dari Fraksi Golkar dinyatakan sebagai politisi paling disukai, sedangkan Ruhut Sitompul dinilai paling ngotot.

"Kengototan Ruhut dinilai negatif, bukan positif. Ngotot dinyatakan bukan membela kepentingan masyarakat, tapi membela kepentingan golongan sendiri. Itu publik yang menyatakan," kata peneliti INSIS Mochtar W Oetomo dalam paparannya di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu (29/9).

Sementara itu, Marzuki Alie muncul sebagai anggota DPR paling populer karena sering melempar wacana keras dan ramai di masyarakat. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso muncul sebagai anggota DPR yang aspiratif bersama sejumlah anggota lain seperti Rieke Diah Pitaloka, Ganjar Pranowo, dan Budiman Sudjatmiko.

Survei dilaksanakan 17 Agustus sampai 20 September 2013 di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang telah berusia 17 tahun atau atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah total sampel 1070 responden. Data diperoleh melalui teknik multistage random sampling dengan wawancara tatap muka pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.( sumber : detik.com )

Anggota DPR paling keras atau vokal;
- Ruhut Sitompul: 8.22 %
- Bambang Soesatyo: 3.27 %
- Eva Kusuma Sundari: 2.52 %
- Fahri Hamzah: 2.52 %
- Sutan Bhatoegana: 2.42 %

Anggota DPR paling dikenal atau populer;
- Marzuki Alie: 9,3%
- Ruhut Sitompul: 8,69%
- Priyo Budi Santoso: 7,57%
- Rieke Dyah Pitaloka:7 %
- Hidayat Nur Wahid: 6,54%

Anggota DPR paling aspiratif dan disukai;
- Priyo Budi Santoso: 6,91%
- Rieke Dyah Pitaloka: 6,16%
- Ganjar Pranowo: 5,6%
- Taufik Kurniawan: 4,67%
- Budiman Sujatmiko: 3,92%

Berita Lainnya

Index