Ahok Akan Bongkar Gedung Kedubes Inggris

Ahok Akan Bongkar Gedung Kedubes Inggris
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Liputan6.com/Abdul Aziz Prastowo)

JAKARTA - Ahok punya rencana membongkar Gedung Kedutaan Besar Inggris yang terletak di seberang Bundaran Hotel Indonesia. Wakil Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu berencana menjadikan ruang terbuka hijau di bekas gedung tersebut.

"Kedubes Inggris kan mau pindah tuh. Kita nanya Kedubes Inggris mau jual tanahnya apa nggak ke Pemprov DKI. Kita mau bikin taman," ungkap Ahok usai acara Ideafest di JCC, Jakarta, Sabtu (28/9/2013).

Bila Kedubes Inggris berniat menjual tanahnya tersebut, bangunan tersebut akan dibongkar dan digantikan taman hijau. "Sebuah ruang publik terbuka hijau harus terbuka. Coba bayangin kalau di sebelah itu ada tembok besar, nggak bisa dimanfaatin bersama. Kalau dilepas, kan bisa dimanfaatin," jelas Ahok.

Menurut Ahok, bila Kedubes Inggris menjadi ruang publik, keamanan di ruang terbuka pun lebih terjamin. Alasannya, tambah suami Veronica itu, semakin banyak yang orang lalu-lalang, pelaku kejahatan tidak berani melancarkan aksinya.

"Lama-lama orang dan gedung akan sadar kalau itu akan menguntungkan mereka. Justru keamanan terbaik itu kalau orang lalu lalang ada kios-kios, komersial, dan untungkan mereka," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menggagas konsep penataan gedung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin tanpa pagar. Nantinya, akan ada ruang komersial yang berisi pedagang hingga kawasan tersebut terus mengeliat selama 24 jam.

"Jadi konsepnya itu kita mau bikin gedungnya jadi lebih luas. Bawahnya digunakan untuk komersial, seperti toko atau foodcourt," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin 23 September lalu. ( sumber : liputan6.com )

Berita Lainnya

Index