fhoto tribunnews.com

Astaga, Pilot Tertidur Saat Terbang

Minggu,28 September 2013 - 03:04:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

LONDON - Ini insiden yang ngeri-ngeri sedap. Dua pilot milik maskapai Inggris tertidur di kokpit saat terbang. Harian The Sun melaporkan, pesawat yang mereka kendarai pun terbang sendiri tanpa ada kontrol dari otopilot.

Insiden tersebut terjadi pada 13 Agustus, namun baru dirilis Kamis (26/9) lalu. Ketika itu para pilot tersebut sedang mengemudikan pesawat Airbus 330 menuju Inggris. Karena perjalanan panjang, para pilot tersebut sepakat gantian tidur. Tiap orang dijatah 20 menit.

Eh, saat seorang pilot mengambil jatah tidur, kawannya tak bisa menahan kantuk. Akhirnya, dua penerbang itu pun ngorok bareng di dalam kokpit. Untung, salah seorang di antaranya sadar dan membangunkan kawannya. Tapi, sebagaimana laporan The Sun, mereka berdua tak tahu sudah berapa lama tertidur.

Insiden berbahaya itu mereka laporkan sendiri ke Otoritas Penerbangan Sipil (CAA) Inggris. Dalam laporan tersebut, mereka menyalahkan jam kerja yang begitu panjang sehingga pilot rawan kelelahan.

Itu memang sangat berbahaya. Pilot tak bisa seperti sopir truk yang kalau ngantuk langsung bisa meminggirkan kendaraan, lalu tidur di kolongnya. ( sumber : Reuters/jpnn.com)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT